visitaaponce.com

Ini Alasan Sebagian Orang Takut Gelap

 Ini Alasan Sebagian Orang Takut Gelap
ilustrasi: Lorong gelap(unsplash.com/Andre Benz)

Rasa takut akan kegelapan bukan hanya dialami oleh anak-anak, melainkan juga sejumlah orang dewasa. Menurut para ahli takut akan kegelapan dikenal sebagai "ketakutan yang dipersiapkan".

Seperti dikutip Huft Post, Rabu (26/10), Martin Antony, profesor psikologi di Toronto Metropolitan University dan penulis “The Anti-Anxiety Program mengatakan kita siap atau cenderung untuk mengembangkan ketakutan akan beberapa hal lebih dari yang lain.

Menurut Krystal Lewis, seorang psikolog klinis di National Institutes of Mental Health, ketakutan akan kegelapan cukup umum, terutama di kalangan anak-anak.

 "Ketakutan adalah bagian normal dari perkembangan masa kanak-kanak," kata Lewis.  “Kami melihat cukup banyak anak yang takut gelap, sesuai dengan perkembangannya.”  Tapi, tambah Antony, sebagian besar anak akan mengatasi ketakutan ini seiring waktu.

Lalu, apa saja penyebab takut akan kegelapan? Berikut sejumlah penyebabnya.

1. Rasa takut akan hal yang tidak diketahui.
Antony mengatakan kebanyakan hal yang membuat kita merasa tidak nyaman adalah hal-hal yang kita anggap tidak terduga dan di luar kendali kita. Ketika datang ke tempat gelap, ada ketidakpastian yang membuat kita tidak tahu apa yang ada di sana.

2. Hasil dari peristiwa kehidupan tertentu.
Ketakutan akan kegelapan terus berlanjut hingga dewasa bagi banyak orang. John Mayer, seorang psikolog klinis, mengatakan beberapa orang dewasa mungkin takut akan kegelapan sebagai akibat dari pengalaman negatif yang mereka alami di malam hari. Entah itu perampokan atau penyerangan atau yang lainnya. Mereka dapat mengaitkan pengalaman itu dengan malam hari dan kegelapan. "Hal-hal seperti itu dapat menyebabkan berkembangnya ketakutan," kata Lewis.

"Takut gelap bahkan bisa menjadi komponen gangguan stres pascatrauma terkait dengan kejadian negatif," jelas Antony.  Dia menyarankan jika ini masalahnya, ada baiknya mencari bantuan ke tenaga kesehatan mental.

"Sangat penting untuk melacak ketakutan ini dan memperhatikan jika itu mengganggu aktivitas normal atau kesejahteraan Anda," kata Lewis.  Ketika rasa takut menghalangi kehidupan sehari-hari atau memengaruhi hubungan, mungkin ada lebih banyak yang berperan. "Penting untuk menentukan apakah Anda memerlukan perawatan dari profesional kesehatan mental," katanya.

Bagi sebagian orang, ketakutan akan kegelapan sebenarnya bisa menjadi fobia, yang artinya mengganggu kehidupan sehari-hari.  Namun, bagi sebagian lainnya, itu mungkin hanya ketakutan yang berasal dari hal yang tidak diketahui, salah satunya dari film yang menyeramkan.(M-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat