visitaaponce.com

Ini Waktu Maksimal Nongkrong di Toilet Menurut Dokter

Ini Waktu Maksimal Nongkrong di Toilet Menurut Dokter
Dokter menyarankan jika maksimal waktu BAB adalah 10 menit.(Unsplash/ Giorgio Trovato)

APAKAH anda termasuk orang yang senang bermain ponsel di toilet? Jika iya, sebaiknya anda menghentikan kebiasaan itu.

 

Bermain ponsel memang kerap dijadikan cara untuk menunggu waktu buang air besar (BAB). Hal ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kebiasaan lama membawa bacaan ke toilet.

 

Bagi beberapa orang, waktu BAB dapat menjadi waktu menyendiri yang cukup lama sehingga sekaligus dapat dimanfaatkan untuk menikmati bacaan atau meneruskan kesenangan bermain ponsel. Atau, ada pula yang mengaku bahwa tubuhnya memang perlu pengkondisian agar dorongan untuk BAB lebih kuat.

 

Namun ahli urologi memperingatkan bahwa kebiasaan itu justru dapat membuat anda semakin sulit BAB. “(Bermain ponsel) membuat otak terdistraksi untuk memahami apa yang sebenarnya harus dilakukan tubuh terkait fungsi kamar mandi,” tutur dr. Aleece Fosnight, Urologis di Aeroflow Urology, Amerika Serikat, seperti dikutip dari Foxnews.com, Jumat (9/12).

 

Distraksi perintah di otak akan berakibat pada konstipasi atau sulit untuk bab. Dampak lainnya, bukan hanya distraksi perintah di otak, bermain ponsel juga dapat berujung pada wasir/ambeien, sulit berkemih atau mengedan, dan turun berok.

 

“Karena dudukan toilet terdapat lubang maka bagian perineum (otot sekitar anus) tidak tersangga. Jika ini terjadi, lalu ada pengaruh gravitasi, maka darah akan mulai terakulumasi di sekitar rektum (anus),” tutur  Fosnight.

 

Ia menambahkan jika kebiasaan itu terus terjadi maka pembuluh darah di anus akan membesar. Ini akan menjadi tahap awal dari wasir atau ambeien.

 

Tidak hanya menekankan orang untuk tidak bermain ponsel sembari BAB, dia merekomendasikan untuk membatasi waktu kamar mandi tidak lebih dari 8 – 10 menit. Menghabiskan lebih dari 10 menit di toilet dapat menimbulkan risiko seperti wasir dan sembelit.

 

"Jika anda tidak dapat menyelesaikan fungsi organ panggul anda selama waktu itu, mungkin ada lebih banyak hal yang terjadi dengan bagaimana tubuh anda berfungsi dan anda mungkin perlu mencari perawatan medis," tambahnya.  Sementara itu, dr. Michael Valente, seorang ahli bedah kolorektal di Klinik Cleveland, AS mengatakan lima menit harus menjadi waktu maksimum untuk ‘nongkrong’ di toilet.  (M-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat