visitaaponce.com

Lakukan Rutinitas Ini di Pagi Hari untuk Berat Badan Lebih Ideal

Lakukan Rutinitas Ini di Pagi Hari untuk Berat Badan Lebih Ideal
Ada beberapa rutinitas di pagi hari yang mudah dilakukan agar berat badan ideal dapat dicapai atau dipertahankan.(123RF)

Beberapa kegiatan di pagi hari dapat Anda lakukan untuk membantu menurunkan berat badan. Salah satunya ialah minum air putih saat Anda baru bangun tidur. Selain itu, masih ada beberapa langkah lainnya yang dapat Anda lakukan di pagi hari demi membantu menurunkan berat badan.

Melissa Mitri, MS, RD, pakar gizi dan pengelolaan berat badan membagikan lima cara mudah untuk menurunkan berat badan sebelum memulai hari Anda, seperti dikutip dari eatthis.com.

1. Minum banyak air saat pertama kali bangun tidur.
Penelitian menunjukkan bahwa minum banyak air dapat mempercepat metabolisme Anda, membantu upaya penurunan berat badan Anda.

"Memulai pagi Anda dengan segelas air dapat membantu Anda menurunkan berat badan," kata Mitri. "Saya memberi tahu klien saya untuk minum segelas setiap pagi hari agar terbiasa meminumnya," lanjutnya.

2. Peregangan.
Menambahkan sedikit perhatian pada pagi Anda dapat membuat perbedaan besar, seperti melakukan peregangan. Apakah Anda meregangkannya dengan yoga, menulis jurnal terkait tujuan harian Anda, atau bermeditasi. "Hal ini membuat Anda siap untuk sukses menurunkan berat badan sepanjang hari," menurut Mitri. Dia menambahkan, "Ketika Anda kerap bersyukur, pola hidup sehat Anda juga akan mengikuti. Anda juga cenderung tidak makan secara emosional," katanya.

3. Olahraga.
Melakukan olahraga di pagi hari sebelum sarapan dapat membantu Anda membangun kebiasaan sehat yang akan Anda pertahankan sepanjang hari.

"Olahraga adalah penguat suasana hati yang alami, dan sering mendorong kebiasaan sehat," kata Mitri. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan berolahraga di pagi hari mengarah ke tingkat rasa kenyang yang lebih tinggi sepanjang hari. Ini dapat membuat endorfin mengalir sehingga meningkatkan perasaan bahagia.

4. Dapatkan sinar matahari.
Tahukah Anda bahwa menyerap vitamin D sebenarnya dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Menurut Mitri, jika memungkinkan, dapatkan sinar matahari beberapa menit di pagi hari. Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara paparan sinar ultraviolet (UV) dan penurunan berat badan. Tidak perlu banyak waktu, hanya perlu waktu lima menit saja di pagi hari Anda.

5. Timbang berat badan
Menginjak timbangan saat bangun tidur adalah kebiasaan yang sangat baik untuk diterapkan. Dengan cara ini, Anda dapat melacak berat badan Anda setiap hari dan melihat apakah Anda perlu melakukan perbaikan.

"Jika Anda sedang dalam perjalanan penurunan berat badan, melacak berat badan Anda secara teratur dapat membuat Anda terus termotivasi untuk mencapai tujuan Anda. Saat pertama kali bangun, menimbang berat badan mengingatkan Anda tentang tujuan Anda sehingga pilihan dan kebiasaan makan Anda di hari tersebut akan selaras dengan tujuan Anda," kata Mitri. (M-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat