visitaaponce.com

Sering Merasa Gagal Diet Ini 4 Alasan Penyebab Gagal Diet

Sering Merasa Gagal Diet? Ini 4 Alasan Penyebab Gagal Diet
Faktor-faktor penentu gagal diet(Freepik)

BANYAK orang yang akhirnya mengalami kenaikan berat badan setelah diet selama berbulan-bulan. Usut punya usut, salah satu penyebab kegagalan diet adalah kebiasaan sehari-hari. 

Oleh karena itu, diet bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan disiplin serta tekad yang tinggi untuk menjaga konsistensi. Jika seseorang kehilangan motivasi dan tidak mampu menjalankan diet, biasanya ia gagal mencapai hasil yang diinginkan.

Selain itu, kurangnya pengetahuan tentang pola makan sehat dapat menyebabkan seseorang gagal dalam diet. Jika Anda ingin diet yang sukses, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut beberapa penyebab diet gagal.

Baca juga : Berat Badan Naik Usai Lebaran? Kikis Dengan Olahraga Ini

1. Tidak Mempertimbangkan Kebutuhan Kalori

Penurunan berat badan terjadi ketika lebih sedikit kalori yang masuk ke dalam tubuh dibandingkan yang dibakar. Salah satu penyebab kegagalan diet adalah kurangnya pemahaman terhadap kebutuhan kalori seseorang. Beberapa orang mungkin tidak mengetahui berapa banyak kalori yang mereka butuhkan setiap hari dan mungkin kesulitan mengontrol asupan kalorinya.

2. Waktu Makan yang Buruk

Diet Anda bisa gagal jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk makan, apalagi jika Anda jarang sarapan. Banyak orang yang salah mengira bahwa melewatkan sarapan akan menyebabkan berat badan turun dengan cepat.

Penelitian menunjukkan bahwa sarapan berdampak signifikan terhadap penurunan berat badan. Sarapan sebaiknya disantap minimal 2 jam setelah bangun tidur. Peran sarapan adalah untuk mendukung proses metabolisme tubuh dan meningkatkan pembakaran kalori. Untuk menstabilkan metabolisme, disarankan untuk tidak mengonsumsi snack atau makanan sehat lebih dari 5 jam.

Baca juga : 5 Cara Menjaga Berat Badan Tetap Stabil saat Hari Raya Idul Fitri

3. Kurang Berolahraga

Kurangnya olahraga juga bisa menyebabkan kegagalan diet. Diet tanpa olahraga teratur mungkin tidak akan membuahkan hasil yang optimal.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berolahraga secara rutin setiap hari. Jika Anda melakukan aktivitas sehari-hari, olahraga ringan seperti senam, jogging, atau yoga saja sudah cukup.

Agar hasilnya maksimal, Anda bisa berolahraga menggunakan mesin olah raga untuk membakar lebih banyak lemak dan kalori.

4. Kurang Tidur 

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam memiliki kadar ghrelin yang lebih tinggi, yaitu hormon yang merangsang nafsu makan, terutama pada makanan tinggi karbohidrat atau berkalori tinggi. Selain itu, kurang tidur meningkatkan kadar kortisol, hormon stres, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat