visitaaponce.com

Berat Badan Naik Usai Lebaran Kikis Dengan Olahraga Ini

Berat Badan Naik Usai Lebaran? Kikis Dengan Olahraga Ini
Timbangan bertambah usai Lebaran? Saatnya berolahraga dan menjaga asupan makanan.(123RF)

LEBARAN selain sebagai momentum untuk bersilaturahmi dan berkumpul bersama orang terkasih, juga menyantap pelbagai hidangan yang menggiurkan. Tak jarang sejumlah orang bahkan kalap untuk memakan semua makanan, termasuk makanan berlemak, secara berlebihan hingga menyebabkan berat badan bertambah. 

Jika kenaikannya berlebihan hingga membuat obesitas tentu tidak baik bagi kesehatan. Obesitas dikaitkan dengan penyakit kanker dan stroke, diabetes, kanker tertentu, dan penyakit lainnya. 

Untuk mengembalikan berat badan ke level ideal, Anda harus rutin berolahraga dan mengubah kebiasaan makan Anda. Terdapat beberapa olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk menurunkan berat badan usai Lebaran, seperti dikutip dari situs Web MD, sebagai berikut.

1. Jalan kaki
Jika Anda menambahkan setengah jam jalan cepat ke dalam rutinitas harian, Anda dapat membakar sekitar 150 kalori lebih banyak dari biasanya setiap hari.  Semakin cepat dan lama Anda berjalan, semakin banyak kalori yang Anda bakar.  Berjalan adalah pilihan bagus jika Anda baru dalam olahraga teratur.  Mulailah dengan perjalanan yang singkat dan tingkatkan menjadi perjalanan yang lebih lama dan lebih intens.

2. Jogging
Jogging adalah salah satu jenis latihan aerobik. Jogging dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan juga dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda hingga 24 jam.  Jadi, Anda akan berada dalam mode pembakaran lemak bahkan setelah Anda melewati garis akhir harian Anda.  Dilakukan secara teratur, jogging dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda untuk jangka waktu yang lama.

3. Yoga
Penelitian menunjukkan bahwa seiring waktu, orang yang kelebihan berat badan dan melakukan yoga setidaknya seminggu sekali selama 30 menit menurunkan berat badan dan memiliki BMI (body mass index) lebih rendah.  Orang-orang yang melakukan yoga juga merupakan pengonsumsi yang lebih berhati-hati, artinya mereka lebih mungkin tahu kapan mereka benar-benar lapar dan kapan mereka kenyang.

4. Naik tangga
Latihan lain yang murah dan sederhana untuk menurunkan berat badan adalah menaiki tangga. Pasalnya, menaiki hanya dua anak tangga setiap hari dapat menyebabkan penurunan berat badan 6 pon atau 2,72 kg dalam setahun.  Itu juga dapat menambah jumlah kolesterol baik dalam darah Anda dan membantu menjaga kesehatan sendi, otot, dan tulang Anda.

5. Bersepeda
Bersepeda menjadi cara mudah lainnya untuk menurunkan berat badan, dan ini adalah latihan yang berdampak rendah dan dapat disesuaikan.  Anda dapat membakar sekitar 400-750 kalori per jam dengan bersepeda, tergantung pada berat badan Anda, seberapa cepat Anda bersepeda dan jenis bersepeda yang Anda lakukan.

6. Lompat tali
Jika Anda mencari peralatan olahraga murah yang dapat Anda bawa dalam perjalanan, lompat tali mungkin cocok untuk Anda.  Lompat tali adalah cara yang mudah untuk membakar kalori dengan cepat.  Faktanya, Anda akan membakar lebih banyak dengan lompat tali daripada berjalan di atas treadmill untuk waktu yang sama.  Anda juga akan melatih beberapa kelompok otot, dari inti hingga tubuh bagian atas dan bawah.  Lompat tali juga dapat meningkatkan koordinasi Anda. (M-2) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat