visitaaponce.com

Resep Cokelat Lava Cake untuk Manisnya Valentine

Resep Cokelat Lava Cake untuk Manisnya Valentine
Lava cake yang identik dengan cokelat lumer di tengahnya.(MI/ Sumaryanto Bronto)

DI luar pro-kontra perayaan Hari Valentine, menunjukkan penghargaan terhadap orang-orang terkasih sebenarnya sah-sah saja. Jika Anda hendak menunjukkan penghargaan dengan memberikan hasil buatan sendiri maka kue bisa jadi pilihan.

 

Salah satu jenis kue yang banyak dicari saat Hari Valentine adalah lava cokelat raspberry atau yang lebih sering disebut sebagai molten chocolate cake. Cokelat yang lumer mengalir keluar kue menjadi dasar pemberian nama kue ini.

 

Lava cake merupakan paduan antara kue coklat tanpa tepung dan souffle. Kue ini mulai muncul ke publik pada tahun 1987 di New York oleh Chef Jean-Georges Vongerichten. Kue dengan ciri khas isian yang lumer ini memiliki empat bahan dasar, yaitu telur, mentega, gula, dan cokelat.

 

Menurut Michelle McGlinn, kue lava cokelat raspberry digambarkan sebagai sajian sempurna untuk siapa saja yang menyukai cokelat, tetapi menginginkan sesuatu yang sedikit berbeda untuk Hari Valentine. Apalagi jika dicampurkan dengan menggunaan selai raspberry, kue ini akan memiliki rasa buah segar untuk mengimbangi manisnya cokelat.

 

Membuat kue lava cokelat raspberry yang lezat dan meleleh di mulut sebenarnya sederhana saja. Bahan dan caranya cukup mudah untuk didapatkan dan dipelajari, dibutuhkan setidaknya 7 bahan dasar seperti cokelat pahit dengan 60% kakao, mentega, gula manisan, beberapa telur, garam, dan tepung untuk membuat adonan serta selai raspberry untuk isian lava.

 

Akan tetapi yang menjadi tantangan dalam membuat sajian penutup ini adalah ketepatan waktu memanggang agar mendapatkan bagian tengah yang lumer dan bagian luar yang lembut. Dilansir dari Tasting Table pada Rabu (7/2), berikut ini cara membuat kue lava cokelat raspberry yang lezat.

 

Resep kue lava cokelat raspberry:

 

Bahan Utama:

-2 ons cokelat kue pahit (60% kakao) Tulip Dark Chocolate Compound yang dibuat dari bahan premium dan aroma kakao yang natural

-1/4 cangkir mentega tawar

-1/2 cangkir tepung terigu serbaguna

-1/2 cangkir (60g) gula pasir

-1/8 sendok teh garam

- 2 butir telur

- 2 butir kuning telur

- 2 sendok selai raspberry

- Daun Mint

 

Cara Pembuatan:

1. Semprotkan empat ramekin atau mangkok alumunium foil dengan semprotan masak anti lengket.

 

2. Taburkan juga dengan bubuk kakao agar kue bisa keluar dengan mulus dari cetakan berupa mangkok tahan panas (ramekin) saat dibalik ke piring.

 

3. Siapkan dan panaskan oven hingga suhu 218°C. Isi panci dengan 1/2 inci air, dan didihkan airnya.

 

4. Taruh mangkuk tahan panas di atas air, dan isi mangkuk dengan cokelat dan mentega.

 

5. Aduk cokelat dan mentega, hingga meleleh menjadi campuran halus. Anda bisa menggunakan microwave selama 10 detik, atau menempatkannya di atas air mendidih dan aduk sampai benar-benar halus.

 

6. Kocok telur dengan gula sampai berbusa. Tambahkan 3 sendok makan tepung dan garam.

 

7. Kocok cokelat leleh ke dalam telur, dan terus kocok hingga tercampur rata.

 

8. Semprotkan 2 ramekin dengan semprotan memasak, dan taburi sedikit dengan sisa tepung, kibaskan kelebihannya.

 

9. Isi ramekin sekitar setengahnya dengan adonan, masing-masing sekitar 3 sendok makan. Bagilah selai raspberry di antara ramekin. Tutupi selai dengan sisa adonan cokelat.

 

10. Letakkan ramekin di atas loyang, dan panggang selama 12 sampai 15 menit sampai sisi-sisinya tampak padat dan kokoh dan bagian atasnya akan tetap terlihat lembut.

 

11. Setelah dipanggang, biarkan kue mendingin selama 1 menit, lalu taruh piring secara terbalik di atasnya dan balikkan.

 

12. Jika diinginkan, saring gula manisan di atas kue lava, dan hiasi dengan  erbavai jenis topping secara opsional dengan raspberry atau daun mint.

 

13. Sajikan chocolate lava cake selagi hangat agar tesktur kue tetap lembut dan lelehan coklatnya lumer saat kue dibelah. (M-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat