visitaaponce.com

Ubah Kebiasaan Cek Ponsel Usai Bangun Tidur dengan Ritual Ini

Ubah Kebiasaan Cek Ponsel Usai Bangun Tidur dengan Ritual Ini
Ilustrasi cek ponsel usai bangun tidur di pagi hari(unsplash.com/Peter Kasprzyk)

BUNYI alarm di pagi hari sudah pasti langsung menggerakan tangan Anda untuk meraih ponsel lalu mematikannya. Tak lama, Anda akan mulai mengecek notifikasi yang masuk ke ponsel. Tanpa sadar Anda sudah menghabiskan waktu hingga 30 menit yang berujung menjadi terburu-buru dalam menyiapkan beragam kebutuhan penunjang aktivitas.

Meraih ponsel tepat saat bangun tidur adalah kebiasaan kebanyakan orang dan banyak juga yang ingin menghentikannya. Dengan menggunakan ponsel di pagi hari, kita berisiko terpapar informasi negatif atau stres. Pemilik Act2Change Therapy & Wellness Center di Atlanta Annisa Pirasteh menyebut hal tersebut dapat menyebabkan kekhawatiran dan stimulasi berlebihan.

“Ini merampas kesempatan kita untuk memulai pagi dengan diri kita sendiri, jauh dari kebisingan dunia. Kita semua pantas mendapatkan waktu di awal hari untuk mendengar pikiran dan merasakan perasaan," kata Pirasteh.

Psikolog dan spesialis kesejahteraan Inggris Lee Chambers mengatakan saat Anda memulai hari dengan meraih ponsel ketika bangun tidur, Anda akan tertarik pada agenda orang lain, mengonsumsi informasi dan acara sosial orang lain, hal itu dapat membuat Anda reaktif daripada kreatif. Terkadang, satu keputusan kecil ini akhirnya berdampak negatif pada suasana hati Anda sepanjang hari.

Para ahli membagikan tips tentang cara menghentikan kebiasaan pagi meraih ponsel segera setelah bangun tidur, seperti dilansir dari situs Huffpost, Kamis (13/4).

1. Gunakan Jam Alarm (bukan ponsel)

Banyak orang memakai ponsel sebagai alarm. Ini justru memudahkan mereka untuk langsung melihat ponsel ketika bangun. Lebih mudah untuk menghindari ponsel ketika Anda tidak menyentuhnya di pagi hari.

“Menggunakan jam alarm yang bukan perangkat multifungsi menghilangkan godaan untuk menggunakan semua fiturnya,” kata Chambers.

2. Simpan Ponsel di Ruangan Lain pada Malam Hari

Saat tidak mengandalkan ponsel untuk membangunkan, Anda dapat meninggalkannya di ruangan lain selain kamar tidur dalam waktu semalaman. Ini juga akan mengurangi kemungkinan Anda meraihnya di pagi hari.

“Pilihan bermanfaat lainnya adalah mematikan telepon dan meninggalkannya di ruangan lain sehingga tidak terlihat dan mudah-mudahan hilang dari pikiran,” tutur Chambers.

Meletakkan ponsel di tempat lain di malam hari juga memungkinkan Anda tak bermain ponsel sebelum tidur sehingga bisa meningkatkan kualitas tidur.

3. Pilih Ritual Pagi yang Membuat Anda Bersemangat

Beri diri Anda sesuatu yang menyenangkan untuk dinantikan saat bangun pagi sehingga kecil kemungkinan akan menengok ponsel. Aktivitas itu seperti membuat dan meminum secangkir teh, menulis jurnal, atau membuka buku yang bagus, melakukan peregangan cepat atau meditasi. Intinya, Anda mengganti kebiasaan yang tidak terlalu baik dengan kebiasaan yang lebih sehat.

“Banyak klien saya membuat ritual yang mencakup pergi keluar selama 5-10 menit setiap pagi untuk mengamati alam dan merasakan sinar matahari di kulit mereka, menyebarkan minyak esensial, mendengarkan musik yang membuat mereka merasakan kebahagiaan, kegembiraan atau ketenangan, dan minum atau makan sesuatu yang bergizi,” ucap Pirasteh.

"Komitmen Anda pada diri sendiri akan mengarah pada rutinitas pagi yang bermakna yang memberdayakan dan memberi energi sehingga Anda dapat tampil sebagai diri yang terbaik," tambah pendiri Prananaz Corporate Wellness Solutions Naz Beheshti.

4. Ubah Layar Kunci dan Beranda Ponsel

Ahli strategi produktivitas Mike Vardy mengatakan mengubah layar kunci dan beranda bisa membantu.

“Seperti kutipan inspirasional atau bahkan pertanyaan yang menanyakan apakah sudah melewati waktu tertentu, yang menunjukkan kapan Anda boleh menggunakan telepon,” ungkapnya.

“Dengan menyesuaikan layar beranda atau layar kunci, Anda membuat isyarat visual yang membuat berpikir dua kali sebelum menggunakan ponsel tanpa berpikir di pagi hari," lanjutnya.

5. Siapkan Batasan Aplikasi untuk Diakses di Pagi Hari

Anda dapat menggunakan pengaturan bawaan di ponsel untuk membatasi akses ke aplikasi tertentu pada waktu yang ditentukan setiap hari.  Di iPhone, buka Pengaturan, lalu nyalakan Durasi Layar dan ketuk Waktu Henti untuk menyesuaikan pilihan Anda. Jika Anda perlu mengakses salah satu aplikasi ini selama Waktu Henti karena alasan apa pun, cukup klik aplikasi tersebut dan pilih "Abaikan Batas".

Jika memiliki Android, Anda dapat melakukannya dengan membuka Pengaturan, mencari Kesehatan Digital, lalu mengetuk Mode Fokus. Anda dapat menjadwalkan kapan ingin mengaktifkan fitur dan juga memilih aplikasi yang ingin diblokir saat ponsel Anda dalam mode ini.  

“Dengan membatasi akses ke aplikasi tertentu, seperti media sosial atau email, Anda menciptakan penghalang yang menghambat penggunaan ponsel,” kata Vardy, yang menjadi pembawa acara podcast percakapan yang produktif.

"Meski pendekatan ini tampak drastis, ini bisa menjadi cara efektif untuk memutus siklus meraih ponsel segera setelah bangun tidur dan mengalihkan perhatian Anda ke aktivitas pagi yang lebih bermakna,” tutur Vardy.

Anda perlu bersabar saat menerapkan perubahan ini pada rutinitas. Perubahan tidak harus terjadi dalam semalam dan akan memiliki dampak yang lebih bertahan lama ketika dilakukan dengan memetik manfaat secara pribadi daripada merasa ini adalah sesuatu yang harus dilakukan.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat