visitaaponce.com

Itasha, Mobil Anime yang Mengubah Citra

JIKA berkunjung ke Jepang, Anda akan melihat sejumlah mobil yang ditempeli stiker anime atau tokoh kartun lainnya. Sepintas seperti mainan. Tapi, bagi Yosuke Takahata, ia tidak peduli apa pendapat orang tentang mobil "itasha" miliknya.  Ya, mobil yang ditempeli berbagai stker  itu lazim disebut ‘itasha.’ Takahata sendiri memiliki karakter anime favorit  yakni seorang perempuan penunggang kuda bermata merah yang seksi, yang ia  pajang di kedua sisi body mobilnya.

Baginya dan pemilik Itasha lain di seluruh Jepang, memasang gambar kartun hanyalah cara lain untuk menghormati cinta sejati dua dimensi mereka.”"Itasha" berarti mobil yang menarik. Tren ini pertama kali muncul di jalanan sekitar 20 tahun yang lalu. Tapi persepsi mulai berubah, dengan anime dan subkultur hobi lainnya mendapatkan penerimaan arus utama baru di Jepang.

Sama halnya dengan Takahata, karyawan toko mobil berusia 31 tahun, yang tidak ingin disebut namanya mengatakan "Itu karakter yang saya suka," katanya kepada AFP, sambil menunjuk beberapa mobil yag ditempeli tokoh anime.

Pemilik Itasha dapat menghabiskan ribuan dolar untuk mendandani kendaraan mereka dengan stiker vinil besar, mengubah mobil, sepeda motor, atau bahkan karavan mereka menjadi kanvas.

Shota Sato, yang bekerja di toko mobil lain, mengaku memiliki itasha seperti memiliki gambar karakter di ponsel. Pria berusia 26 tahun itu dan teman-temannya menghiasi mobil mereka dengan berbagai karakter lucu dari anime "Lucky Star", dan mereka sering pergi berkendara bersama.

Mereka juga sering berkumpul untuk acara seperti Itasha Tengoku, pameran tahunan yang diadakan di Tokyo yang menampilkan hingga 1.000 kendaraan. Warna mobil-mobil yang dipajang bahkan mengalahkan wig neon dan kostum aneh para pengunjung yang datang mengenakan cosplay.

“Budaya tumbuh secara alami di kalangan anak muda yang tertarik dengan mobil dan anime, “ kata penyelenggara acara Kenichi Kawahara, yang juga menerbitkan majalah untuk penggemar itasha.

"Lebih dari 99% pemiliknya adalah laki-laki, yang menggunakan itasha untuk mengekspresikan perasaan mereka terhadap hal-hal yang mereka sukai. Ada 1.000 itasha di sini hari ini, dan tidak ada satu pun yang sama." (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat