visitaaponce.com

Ini Benda Dapur yang Harus Dibersihkan dengan Lemon

Ini Benda Dapur yang Harus Dibersihkan dengan Lemon
membersihkan benda dapur(medcom.id/unsplash.com)

ALIH-alih membersihkan benda di rumah dengan bahan kimia, Anda bisa memilih bahan alami yang mudah didapat salah satunya lemon. Tak hanya ramah lingkungan, lemon juga aman untuk membersihkan benda-benda di rumah. 

"Lemon adalah bahan alami dan ramah lingkungan yang bagus untuk membersihkan barang-barang," kata seorang pakar kebersihan Stephanie Moram.

Berikut adalah 5 barang di dapur yang bisa dibersihkan dengan lemon:

1. Talenan

Lemon sangat baik untuk menghilangkan bau di talenan plastik dan kayu. Lemon juga mampu menghilangkan noda talenan. Moram menyarankan untuk menaburkan garam pada talenan sebelum menggosok setengah potongan lemon di permukaan talenan. Biarkan campuran lemon dan garam selama beberapa menit sebelum dibilas untuk menghilangkan bau.  

2. Piring dan Wajan

Untuk membersihkan piring dan wajan yang berminyak, Moram menggunakan kombinasi lemon dan garam. Dia memberikan taburan garam dan perasan air lemon ke dalam panci atau permukaan piring, lalu menggosoknya dengan setengah potongan lemon.

Kemudian mendiamkan campuran tersebut selama lima menit sebelum menyeka dengan kain, lalu membilasnya.

"Asam dari lemon akan membantu menghilangkan minyak dan kotoran," jelas Moram.

3. Microwave

Untuk membersihkan dan menghilangkan bau makanan dari microwave, bersihkan dengan air perasan lemon, air bersih, dan kulit lemon ke dalam mangkuk kecil yang dapat dimasukkan ke dalam microwave. Rasionya sekitar setengah cangkir air dengan satu sendok makan air perasan lemon dan seiris lemon. Panaskan dengan daya sedang sampai bagian dalam microwave beruap sekitar tiga menit.

Kemudian, biarkan pintu microwave tertutup sepanjang waktu, diamkan campuran tersebut selama lima hingga sepuluh menit. Buka microwave dan bersihkan bagian dalam dengan kain.

"Uap dari campuran akan membantu melepaskan makanan yang lengket di dalam microwave," ucap Moram. 

4. Wadah Plastik

Untuk menghilangkan noda dan bau dari wadah makanan plastik, gosokkan potongan lemon di sekitar bagian dalam wadah atau tuangkan air perasan lemon segar ke dalam wadah. Pastikan semuanya mengenai seluruh permukaan wadah makanan.

Biarkan air perasan lemon di seluruh area wadah plastik selama sekitar 15 menit sebelum dibilas dengan air.

"Untuk noda membandel, tambahkan soda kue dan air perasan lemon ke dalam wadah dan diamkan semalaman," saran Moram.

5. Lemari Es

Untuk menghilangkan bau lemari es, tambahkan soda kue dan air perasan lemon segar ke dalam wadah kaca, dan biarkan campuran tersebut di lemari es selama sekitar satu minggu.

"Soda kue akan membantu menyerap bau, dan lemon akan membuat lemari es Anda berbau harum," tutur Moram.(simplyrecipes/M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat