visitaaponce.com

Siapa saja yang Bakal Menghadiri Penobatan Raja Charles III

Siapa saja yang Bakal Menghadiri Penobatan Raja Charles III?
Momen penting dalam kehidupan Raja Charles III(AFP)

Penobatan Raja Charles III yang digelar Sabtu (6/5) akan dihadiri oleh sekitar 2.300 orang yang terdiri dari berbagai kalangan. Berikut beberapa di antaranya yang bakal hadir, seperti disarikan dari AFP.

Pangeran Harry

Pangeran Harry, putra bungsu raja yang telah memutuskan keluar dari kerajaan pada 2020 lalu, dikabarkan telah tiba di London. Sang pangeran diharapkan menghadiri upacara penobatan ayahnya lantaran tidak ada agenda penting lain hari itu.

Presiden dan Menteri

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, Wakil Presiden Tiongkok, Han Zheng, Ursula von der Leyen, presiden Komisi Eropa, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier,  Perdana Menteri Selandia Baru Chris Hipkins, Menteri pertama nasionalis Irlandia Utara terpilih Michelle O'Neill,  Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif, dan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr, merupakan sebagian dari pemimpin dunia yang akan hadir.

PM Inggris

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan istrinya Akshata Murty bersama dengan anggota kabinet dan sekitar 80 anggota majelis rendah dan tinggi parlemen, dipastikan hadir di acara penobatan Charles III.

Komunitas dan anak sekolah

Selain para pemimpin negara, acara ini juga akan dihadiri ratusan relawan dari berbagai komunitas,  termasuk murid sekolah Max Woosey, yang tidur di tenda di kebunnya selama tiga tahun untuk mengumpulkan uang untuk amal.

Raja dan Ratu Dunia

Sejumlah raja dan ratu dari berbagai monarki di seluruh dunia juga akan menghadiri penobatan Charles III sebagai Raja Inggris. Mereka antara lain Raja Felipe VI dan Ratu Letizia dari Spanyol, Putra Mahkota Frederik dan Putri Mahkota Mary dari Denmark, Putra Mahkota Fumihito dan Putri Mahkota Kiko dari Jepang, Pangeran Albert II dan Putri Charlene dari Monako, Raja Abdullah II dan Ratu Rania dari Yordania, Raja Maori Tuheitia, serta Raja Maha Vajiralongkorn dan Ratu Suthida dari Thailand.

Lionel Richie

Penyanyi pop legendaris AS, Lionel Richie, duta besar global pertama untuk Prince's Trust milik Charles, dipastikan hadir pada acara penobatan ini.

Penulis makanan Tom Parker Bowles dan kurator seni Laura Lopes, anak Ratu Camilla, serta ayah mereka Andrew Parker Bowles, suami pertama Camilla, juga diundang, namun belum ada keterangan apakah mereka hadir atau tidak.

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden akan diwakili oleh Ibu Negara Jill Biden. Begitu juga dengan Istri Pangeran Harry, Meghan, akan tetap tinggal di California bersama anak-anaknya Lilibet dan Archie. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat