visitaaponce.com

13 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok dan Kebotakan

13 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok dan Kebotakan
Ilustrasi masalah rambut rontok dan kebotakan di usia muda.(UT Southwestern Medical center)

Memiliki rambut yang sehat dan indah merupakan dambaan bagi banyak orang. Namun, sayangnya masih banyak orang yang tidak bisa memiliki rambut seperti yang mereka inginkan. Tidak sedikit yang harus berjuang mengurangi dan melawan kebotakan akibat rambut rontok.

Faktor yang paling berpengaruh pada kesehatan rambut adalah genetik dan usia. Namun sebagian orang juga mengalami rambut rontok pada usia muda. Selain mengganggu penampilan, rambut yang rontok juga bisa menunjukkan kondisi kesehatan.

Terkait dengan hal itu, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi rambut rontok dan menghindari kebotakan di usia muda, yuk mari kita simak.

1. Hindari diet ketat

Cara menumbuhkan rambut botak di usia muda yang pertama adalah dengan menghindari diet ketat. Hal ini mengacu pada asupan nutrisi pada tubuh. Menjaga konsumsi makanan berlebih dapat mengurangi sumber daya dan nutrisi yang dibutuhkan, termasuk untuk pertumbuhan rambut.

Seorang dokter kulit di Columbia Doctors, Dr. Lindsey Bordone menjelaskan bahwa pertumbuhan rambut merupakan hal yang jarang diperhatikan. Sejumlah orang hanya berfokus pada menurunkan berat badan dan lupa bahwa asupan makanan yang masuk tidak sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Kadar Hormon Stres di Rambut Ternyata Bisa Prediksi Penyakit Jantung

2. Periksa kadar protein

Perlu diketahui bahwa protein merupakan jenis nutrisi yang dibutuhkan untuk menumbuhkan rambut. Mengacu pada poin sebelumnya, Anda sebaiknya mengonsumsi protein dengan cukup.

Mengutip dari Healthline, makanan yang mengandung asupan protein seimbang sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang optimal

3. Produk mengandung kafein

Cara menumbuhkan rambut botak di usia muda berikutnya adalah mencoba produk yang mengandung kafein. Diketahui bahwa kafein mampu memberi dorongan, termasuk untuk pertumbuhan rambut.

Masih mengutip dari Healthline, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa kafein dalam produk rambut mampu mencegah kerontokan rambut seefektif perawatan berbasis obat. Kafein juga dapat merangsang metabolisme dan pembiakan sel.

4. Meningkatkan nutrisi

Selain protein, sebaiknya Anda mendapatkan asupan nutrisi seimbang. Termasuk di antaranya yaitu biotin, vitamin C, D, E, zinc, besi, omega 3 dan omega 6. Selain berguna untuk menjaga kondisi tersebut, sejumlah kandungan tersebut bagus untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh National Institutes of Health, telah dibuktikan bahwa kadar vitamin D, folat, dan seng yang rendah ternyata rentan dialami oleh orang dengan kondisi rambut luruh akibat autoimun alopecia areata. Diketahui bahwa alopecia areata merupakan kebotakan yang disebabkan oleh autoimun.

Baca juga: Rambut Lebih Sehat dengan Tonic Keratin Alami

5. Menggunakan minyak esensial

Selain berbau harum, ternyata minyak esensial juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Melalui rilisan PubMed Central, terdapat studi kecil yang membuktikan bahwa setelah tiga bulan, minyak biji labu yang dioleskan secara signifikan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Diketahui bahwa peserta yang diikutsertakan merupakan wanita dengan kebotakan. Selain itu, minyak rosemary juga dianggap sama efektifnya dengan minoxidil, yakni bahan aktif yang biasa dijadikan obat untuk menumbuhkan rambut. Anda juga bisa memilih minyak aroma lain yang mengandung vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan. Rekomendasi lainnya adalah daun mint, jojoba, dan lavender.

6. Memijat kulit kepala

Dirangkum dari Healthline, pijatan pada kulit kepala dapat membantu meningkatkan relaksasi dan menghilangkan stres. Sementara itu, ada studi kecil pada 2016 yang menyatakan bahwa hal tersebut juga mampu menunjang kesehatan rambut. Anda juga bisa menambahkan biotin agar hasilnya lebih optimal.

Berdasarkan studi yang dirilis oleh PubMed Central, disebutkan bahwa kemanjuran biotin dibuktikan di dalam penelitian yang telah dilewati. Tepatnya total 18 kasus, ditemukan bahwa terjadi peningkatan klinis kesehatan rambut dan kuku setelah suplementasi biotin.

7. Gunakan antioksidan

Cara menumbuhkan rambut botak di usia muda berikutnya adalah dengan menggunakan antioksidan. Diketahui bahwa antioksidan dapat mengurangi kerontokan dan memperbaiki kondisi kulit kepala. Mengacu pada penelitian selama delapan minggu yang dirilis oleh PubMed Central, wanita yang menggunakan sampo perawatan kulit yang mengandung antioksidan piroctone olamine telah terbukti mengalami peningkatkan jumlah rambut dan kondisi kulit yang lebih baik.

Selain itu, studi yang dilakukan selama 24 minggu juga menunjukkan hasil yang kurang lebih sama. Pria dan wanita yang menggunakan produk perawatan kulit kepala ber-antioksidan mengalami kerontokan yang lebih sedikit dibanding yang menggunakan plasebo. Diketahui bahwa plasebo atau produk perawatan yang tidak mengandung nutrisi apapun, melainkan hanya untuk keperluan riset atau pengobatan.

8. Minyak atsiri

Cara menumbuhkan rambut botak dengan mudah menggunakan minyak atsiri. Cara menggunakan juga cukup mudah, hanya dengan mengoleskan minyak esensial, seperti rosemary, ke kulit kepala dan rambut, secara efektif meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, dengan minyak lavender juga telah terbukti cukup berhasil dalam membantu merawat rambut yang menipis. Perlu diketahui bahwa sebelum mengoleskan minyak ke kulit kepala, maka pastikan untuk mengencerkannya dengan minyak pembawa. Saat mengaplikasikannya, pastikan juga kulit Anda tidak sensitif dan mudah alergi.

9. Teh hijau

Cara menumbuhkan rambut botak secara alami bisa dengan teh hijau yang kaya akan kandungan polifenol. Teh hijau juga bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, karena adanya kandungan Epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hijau, yang mencegah kerontokan rambut serta menghambat aktivitas hormon. Langkahnya juga cukup mudah, Anda bisa 1-2 kantong teh hijau ke dalam air mendidih dan biarkan terendam, setelah itu oleskan di kepala secara merata.

10. Masker telur

Cara menumbuhkan rambut botak juga bisa dengan masker telur, di mana langkahnya cukup mudah dilakukan. Siapkan telur sebutir, kemudian kocok telur utuh dan tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun sampai tercampur sempurna. Setelah tercampur merata, oleskan campuran ini ke rambut secara merata, dan diamkan selama beberapa menit, bilas menggunakan sampo.

11. Lidah buaya

Cara menumbuhkan rambut botak yang sangat populer juga alami, bisa menggunakan lidah buaya yang menumbuhkan rambut, juga mengatasi rambut rontok. Lidah buaya juga digunakan agar menenangkan kulit kepala dan mengkondisikan rambut. Langkahnya juga cukup mudah dan sederhana, di mana Anda bisa menggunakan gel lidah buaya ke kulit kepala beberapa kali seminggu. Cara lainnya juga bisa menggunakan produk yang mengandung lidah buaya, sehingga membantu mengatasi rambut rontok.

12. Lemon

Cara menumbuhkan rambut botak juga bisa menggunakan air lemon atau minyak lemon, yang tentunya meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut. Minyak lemon dengan mudah membantu kesehatan kulit kepala tetap terjaga, serta mendorong pertumbuhan rambut. Langkah penggunaannya cukup mudah, hanya mengoleskan air lemon segar ke kulit kepala dan rambut 15 menit sebelum keramas, atau bisa dijadikan sebagai masker rambut.

13. Bawang merah

Cara menumbuhkan rambut botak selain dengan berbagai minyak, makan bawang merah juga membantu menumbuhkan rambut, karena memiliki kandungan sulfur yang tinggi, yang menjadi stimulator alami. Bawang merah juga memiliki anti-bakteri yang membantu mengobati kebotakan, sehingga Anda bisa haluskan 1 siung bawang merah dan usapkan di daerah kebotakan secara teratur dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

(Z-9)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat