visitaaponce.com

Sambut Hari Anak, Penting Orangtua Jalin Aktivitas Bareng Buah Hati

Sambut Hari Anak, Penting Orangtua Jalin Aktivitas Bareng Buah Hati
dr Gia (tengah)(Mi/fathuurrozak)

Di era digital, gawai menjadi salah satu perangkat yang kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ini juga turut memengaruhi pola asuh dan komunikasi antara orangtua dan anak.

Dokter ahli, dr. Gia Pratama mengatakan peran keluarga sangat penting dalam membentuk lingkungan keluarga yang harmonis, penuh kasih sayang, dan pengertian. Keluarga merupakan lingkungan pertama bagi anak-anak.

“Pembentukan karakter dan proses tumbuh kembang pertama kali juga dimulai dari sini. Orangtua bertanggung jawab untuk menyediakan lingkungan yang aman, memantau aktivitas anak, membantu mengembangkan emosi sosial dan kognitif, serta menyediakan arahan dan panduan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya dalam konferensi pers yang digelar merek antiseptik Betadine di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, (11/7).

Dengan aktivitas bersama antara anak dan orangtua, dr. Gia mengatakan hal itu bisa membuat anak juga menjadi lebih aktif sehingga bisa mendorong rasa keingintahuan untuk mengenal banyak hal dan menstimulasi daya pikir.

Namun, dalam beraktivitas bersama, orangtua juga harus tahu risiko anak terpapar bakteri dan mikroba yang menurut dr. Gia jumlahnya lebih banyak di ruang tertutup daripada di luar ruang. Saat bermain, luka seperti memar, luka bakar, hingga ankle sprains pun bisa terjadi. Sebagai pertolongan pertama pada luka terbuka, ia menganjurkan untuk siap sedia antiseptik (povidone iodine).

“Ketika kulit terluka, artinya benteng pertahanan tubuh terhadap bakteri jadi terbuka. Meski masih ada sel darah putih sebagai garda terdepan sistem kekebalan tubuh. Gunanya antiseptik itu untuk mencegah bakteri tidak tembus,” kata dr. Gia.

Dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional pada 23 Juli, Mundipharma Healthcare Indonesia, induk dari merek antiseptik Betadine, turut menggelar kampanye The Unstoppable Family. Kampanye yang mengajak keluarga Indonesia untuk melakukan aktivitas bersama anggota keluarga agar lebih aktif.

“Untuk menemani beraktivitas, baik bagi anak maupun orangtua, rangkaian produk kami bisa menjadi solusi mengobati luka dan melindungi kesehatan tenggorokan, mulut dan hidung, serta tubuh. Untuk mengatasi permasalahan udara yang saat ini terasa kurang baik, kami juga memiliki produk Nasal Spray yang dapat digunakan untuk anak-anak dan dewasa, jadi bisa untuk seluruh anggota keluarga,” kata Head of Marketing PT Mundipharma Healthcare Indonesia, Anastasia Damayanti.(M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat