visitaaponce.com

Apakah Biji Pepaya Baik untuk Dimakan

Apakah Biji Pepaya Baik untuk Dimakan?
Biji pepaya banyak mengandung asam oleat.(Unsplash/ Happy Surani)

MESKI sedikit keras, biji papaya memang dapat dimakan. Sebagian orang juga sengaja memakan biji papaya karena kabar berbagai manfaat untuk kesehatan. Benarkah demikian?

 

Melansir dari situs kesehatan, Healthshots.com, beberapa waktu lalu, biji pepaya kaya sumber serat, lemak sehat, dan protein yang baik.  Selain itu, juga mengandung vitamin dan mineral termasuk seng, fosfor, kalsium, magnesium, besi, dan kalsium. 

 

Faktanya, biji pepaya mengandung banyak asam lemak tak jenuh tunggal seperti asam oleat dan polifenol, serta flavonoid yang merupakan antioksidan kuat.  Semua nilai gizi ini baik untuk meningkatkan kesehatan Anda dan menangkal penyakit.

 

Seorang ahli diet di India, Vidhi Chawla setuju akan hal tersebut. Ia menjelaskan beberapa manfaat dari mengonsumsi biji pepaya, sebagai berikut.

 

1. Membantu penurunan berat badan

Biji pepaya mengandung banyak serat. Sehingga mendukung proses pencernaan berjalan dengan baik. Selain itu, biji pepaya juga membantu mengatur metabolisme dan mencegah tubuh Anda menyimpan lemak ekstra.  Ini berkontribusi pada pencegahan obesitas.

 

2. Meningkatkan kesehatan usus

Biji pepaya mengandung zat yang disebut carpaine yang membunuh cacing dan bakteri di usus, mencegah sembelit dan menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh.  Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada bijinya dapat mengatur gerakan usus dan menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

 

3. Mengurangi kadar kolesterol

Serat membantu dalam pengurangan kadar kolesterol di seluruh tubuh.  Sehingga makan biji pepaya membantu menjaga kadar kolesterol normal dalam tubuh.  Biji pepaya juga mengandung asam oleat dan asam lemak tak jenuh tunggal lainnya.  Asam lemak ini mengurangi kolesterol jahat, sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol.

 

4. Menurunkan risiko kanker

Biji pepaya mengandung polifenol, yang merupakan antioksidan kuat. Sehingga melindungi tubuh Anda dari beberapa bentuk kanker.  Ambil 5 sampai 6 biji pepaya, Anda bisa menggiling biji pepaya, dan konsumsi bersamaan dengan makanan atau jus.

 

5. Mengurangi peradangan

Biji pepaya kaya akan vitamin C dan senyawa lain seperti alkaloid, flavonoid, dan polifenol.  Bahan kimia ini semuanya bersifat anti-inflamasi.  Oleh karena itu, dapat membantu mencegah dan mengurangi peradangan pada gangguan seperti asam urat dan radang sendi.

 

 6. Mengurangi nyeri haid

Karoten, hadir dalam pepaya, sangat penting dalam membantu tubuh mengontrol pembentukan hormon mirip estrogen.  Biji pepaya dapat membantu memicu menstruasi dan meningkatkan keteraturan mentruasi, biji pepaya juga dapat membantu mengatasi nyeri haid pada tingkat tertentu.

 

7. Membantu menyembuhkan keracunan makanan

Membuat dan mengonsumsi ekstrak biji pepaya dapat membantu membunuh bakteri secara efektif seperti Escherichia coli dan lainnya yang menyebabkan keracunan makanan.

 

Sementara untuk memakan biji papaya memang tidak ada cara khusus. Namun jika anda tidak nyaman dengan teksturnya yang keras, dapat juga terlebih dulu menggerusnya hingga menjadi bubuk. (M-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat