visitaaponce.com

Seekor Paus biru Raksasa Terdampar di Cile

Seekor Paus biru Raksasa Terdampar di Cile
Bangkai Paus Biru yag terdampar di pantai Cile(LAUDIO KOMPATZKI / DEFENDAMOS CHILOE / AFP) )

Minggu 6/8), seekor paus biru raksasa yang memiliki panjang sekitar 30 meter, terdampar di sebuah pantai di selatan Cile. Menurut pihak berwenang, hewan itu diperkirakan telah mati sejak di laut sebelum bangkainya terdampar di pantai.

Penduduk kota Ancud, di pulau Chiloe, pertama kali melihat mamalia laut raksasa itu Sabtu pagi di pantai samudra Pasifik sekitar 1.000 kilometer (620 mil) selatan ibu kota Santiago. Agen dari badan perikanan nasional Cile, Sernapesca, yang dikirim untuk menyelidiki, mengonfirmasi bahwa bangkai itu adalah "cetacean besar dari keluarga Balaenopteridae.

Mereka kemudian memposting gambar paus bitu itu di platform X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter). "Kami membantu mengidentifikasi spesimen dan, berdasarkan bukti awal, itu adalah paus biru," tambah agensi tersebut.

Direktur regional Sernapesca Cristian Hudson mengatakan "Melihat kondisinya, paus itu pasti mati di laut beberapa waktu lalu dan bangkainya hanyut ke sini."

Kelompok lingkungan hidup itu mencatat bahwa perairan daerah itu banyak digunakan oleh industri perikanan dan lalu lintas maritim. Mereka menyerukan penyelidikan untuk mencari tahu penyebab kematian paus tersebut.

Menurut Pusat Konservasi Cetacean (CCC) Cile, keluarga Balaenopteridae, atau rorqual, mencakup beragam spesies, mulai dari paus minke setinggi sembilan meter (30 kaki) hingga paus biru yang memiliki panjang 30 meter dan dianggap sebagai hewan terbesar di Bumi.(AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat