visitaaponce.com

Jemaah Haji Diimbau Bayar Dam di Lokasi Resmi

Jemaah Haji Diimbau Bayar Dam di Lokasi Resmi
Ilustrasi.(Freepik)

KEPALA Kantor Urusan Haji (KUH) Nasrullah Jassam mengimbau jemaah haji untuk membayar dam di tempat-tempat resmi. Jika membayar di tempat-tempat resmi tersebut, jemaah akan lebih tenang karena bisa dipastikan hewan yang akan disembelih sesuai syarat-syarat yang telah ditentukan.

"Untuk pembayaran dam jemaah haji bisa membayar di tempat-tempat resmi yang sudah diberikan izin oleh pemerintah Arab Saudi. Ini untuk memastikan kepastian pemenuhan syarat sahnya," ujar Nasrullah di Kantor KUH, Jeddah, Selasa (5/6).

Nasrullah menambahkan, jemaah perlu memastikan bahwa dam yang dibayarkan benar-benar dilakukan dan disalurkan oleh lembaga tersebut, karena hal itu menyangkut keabsahan ibadah haji. Oleh karena itu, jemaah juga perlu mengkroscek bahwa tempat pembayaran dam benar-benar amanah. Selain itu, jemaah diminta tidak tergiur tawaran-tawaran yang tidak rasional.

Baca juga : Annisa Travel Lepas 115 Jemaah Haji Tahun Ini

"Jangan tergiur oleh tawaran tawaran dari oknum-oknum yang menawarkan penyembelihan dam dengan harga yang tidak rasional. Kita harus memastikan bahwa dam yang kita bayarkan, binatang yang kita sembelih itu memenuhi kualifikasi syariat," terangnya.

Alumnus Al-Azhar itu menyarankan agar jemaah membayar dam di lembaga-lembaga resmi milik pemerintah Arab Saudi yang terjamin amanah dan dagingnya bisa dikirimkan ke Indonesia. Ada beberapa lembaga yang disarankan, misalnya RPH Adhahi dan RPH al-Ukaysah yang masuk dalam surat edaran Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Nomor 04 Tahun 2024 tentang Petunjuk Teknis Pembayaran DAM/Hadyu Tahun 1445 H/2024 M.

"Oleh karena itu pastikan bahwa tempat kita untuk membayar dam betul-betul tempat yang resmi dan berizin dari Kementerian Haji Arab Saudi. Banyak pilihan misalnya ada Adhahi yang merupakan tempat resmi untuk pembayaran dam untuk jemaah haji, bukan hanya dari Indonesia tetapi seluruh dunia," tambahnya.

Nasrullah Jassam juga menjelaskan bahwa membayar dam di RPH tersebut sudah bisa dilakukan di konter-konter resmi maupun bisa datang langsung ke tempat pembayaran, seperti bank yang terafiliasi dengan RPH. "Sekali lagi kami minta agar jemaah hati-hati soal ini, apalagi tergiur oleh tawaran-tawaran dari oknum yang tidak bertanggung jawab," tutupnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat