visitaaponce.com

ICS 2023 Gelar Kompetisi Kopi Tubruk dengan Sistem Skoring Pertama di Dunia

ICS 2023 Gelar Kompetisi Kopi Tubruk dengan Sistem Skoring Pertama di Dunia
Konferensi pers Indonesia Coffee Summit (ICS) 2023 di Jakarta, Rabu (11/10).(MI/Rahmatul Fajri)

DIGELAR perdana, Indonesia Coffee Summit (ICS) akan berlangsung pada 21-23 Oktober 2023. Bertempat di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, ICS juga akan menjadi sarana promosi kopi tubruk sebagai otentisitas kopi Indonesia.

 

Peracikan gaya kopi tubruk telah dianggap merupakan metode peracikan yang paling tua. Sebab itu, kopi tubruk sering dilabeli “tradisional”, namun sekaligus merupakan cara menyeduh kopi yang sesuai dengan standar internasional atau cupping. Meski berlabel tradisional, kopi tubruk tetap digdaya di tengah terjangan kopi kekinian, seperti cappuccino, macchiato, latte, frappuccino, hingga cold brew.

 

Pada ICS 2023 akan digelar “Tubruk Battle”, yakni kompetisi kopi tubruk dengan sistem skoring internasional pertama di Indonesia, sekaligus di dunia. Sebelumnya, kompetisi kopi tubruk di Indonesia memiliki konsep pertarungan (battle), di mana dua cangkir kopi tubruk dinilai langsung oleh juri tanpa adanya sistem skoring.

 

"Indonesia harus mempromosikan Kopi Tubruk sebagai cara olah kopi otentik khas Indonesia ke pangung dunia,” kata Jay Wijayanto, Program Director Indonesia Coffee Summit, di Jakarta, Rabu (11/10). Kompetisi Tubruk Battle ini juga merupakan upaya untuk mempopulerkan kopi tubruk di Tanah Air khususnya di kalangan milenial.

 

Selain kompetisi Kopi Tubruk, ICS 2023 juga menyelenggarakan Traditional Coffee Pairing Competition. Ajang ini mempertandingkan keahlian para barista dalam memadupadankan citarasa kopi tubruk dengan kudapan tradisional yang khas dari berbagai daerah.

 

"Kita harus keluar dari label tradisional yang kerap dianggap tertinggal dan kita harus modern. Padahal, kopi tubruk ini sudah menjadi budaya di Indonesia," tambah Jay.

 

ICS 2023 akan mengusung 18 acara selama 3 hari penyelenggaraan. Selain kompetisi kopi trubruk, ada pula konferensi, peluncuran buku "Kedai Kopi di Nusantara”, ajang penghargaan “Indonesia Coffee Heroes Award”, hingga Coffee Photography Competition.

 

ICS 2023 juga akan menghadirkan kolaborasi kopi dengan atraksi seni-budaya seperti, Coffee x Music, Coffee x Film, Coffee x Poetry, Coffee x Visual Art, Coffee x Jamu, dan Coffee x Mindfulness. Event yang digelar oleh oleh KopiKita.id (PT. Demi Kopi Indonesia) ini diproyeksikan berlangsung tiap tahun. (M-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat