visitaaponce.com

Apple Resmi Kenalkan MacBook Pro dan iMac dengan Chip M3

Apple Resmi Kenalkan MacBook Pro dan iMac dengan Chip M3
MacBook(AFP/Chris Tuite)

APPLE memperkenalkan pembaruan terhadap dua produknya, yakni MacBook Pro dan iMac. Pada event yang bertajuk "Scary Fast", Apple mengumumkan chip M3 baru dari iMac yang disebut dua kali lebih cepat daripada pendahulunya M1 yang sudah berusia lebih dari dua tahun.

iMac 24 inci memiliki CPU delapan inti, hingga GPU 10 inti, dengan dukungan RAM hingga 24GB dan penyimpanan 2TB. Seharusnya, hal tersebut dapat diterjemahkan menjadi all-in-one yang jauh lebih cepat. Aplikasi produktivitas, seperti Safari atau Microsoft Excel akan berjalan hingga 30% lebih cepat. 

Bagi para kreator, chip baru ini memungkinkan hingga 12 stream video 4K dan Adobe Photoshop juga akan memproses foto hingga dua kali lebih cepat. Sekarang juga mendukung Wi-Fi 6E.

Secara visual, iMac 24 inci tidak banyak berubah dan masih tersedia dalam tujuh warna, yakni hijau, kuning, oranye, merah muda, ungu, biru, dan perak. Dengan ukuran 11,5 mm, iMac 25 inci masih tipis, memiliki bezel putih dan dagunya masih tetap langsing. 

Satu hal yang berubah adalah iMac M3 baru akan menampilkan lebih banyak bahan daur ulang. Dudukannya kini terbuat dari aluminium daur ulang. Di bagian dalam, iMac menggunakan magnet tanah daur ulang, solder timah daur ulang, dan pelapisan emas daur ulang 100% pada papan sirkuit.

iMac 24 inci dibanderol dengan harga mulai dari US$1.299 atau sekitar Rp20 juta untuk GPU delapan inti dan US$1.499 atau Rp23 juta untuk GPU 10 inti. Anda bisa melakukan preorder mulai hari ini dan akan dikirimkan pada 7 November.

MacBook Pro

Bersamaan dengan pembaruan iMac, Apple juga memperkenalkan MacBook Pro 14 inci entry-level baru yang menampilkan chip M3. Apple memperkenalkan model MacBook Pro 14 inci dan 16 inci yang telah diupgrade dengan prosesor M3 Pro dan M3 Max hari ini. Berbeda dari sebelumnya, MacBook baru ini juga tidak dilengkapi Touch Bar yang menghiasi bagian atas keyboard.

MacBook Pro baru hadir dengan M3 series, chip terbaru Apple yang dibuat dengan teknologi 3 nanometer. Chip ini diklaim menjadikan mesin lebih bertenaga.

M3 Pro memiliki CPU 12-core dan GPU hingga 18-core, dengan peningkatan kecepatan hingga 40% dibandingkan dengan M1 Pro dan kapasitas RAM hingga 36GB, sedikit meningkat dari batas maksimal 32GB sebelumnya.

Baca juga: Apple akan Luncurkan Mac Anyar pada Bulan Ini

M3 Max meningkatkan kemampuannya dengan CPU 16-core dan GPU hingga 40-core. Chip ini diklaim lebih cepat hingga 80% dari chip M1 Max. MacBook Pro baru ini diklaim memiliki daya tahan baterai hingga 22 jam, setidaknya pada model M3 Pro 16 inci.

Selain itu, laptop baru Apple ini masih memiliki layar Mini LED yang cerah dan kontras, sistem speaker yang sangat baik, tiga port Thunderbolt 4, port HDMI, SD card reader, dan konektor MagSafe untuk pengisian daya. Layarnya kini dapat mencapai kecerahan hingga 600 nits untuk konten SDR, yang 20% lebih terang dari sebelumnya.

Adapun, MacBook Pro M3 14 inci dijual mulai US$1.599 atau sekitar Rp25,4 juta. MacBook Pro M3 Pro 14 inci dijual dengan US$1.999 atau sekitar Rp31,7 juta. Lalu, MacBook Pro M3 Pro 16 inci dibanderol US$2.499 atau Rp39,7 jutaan. Kemudian, MacBook Pro M3 Max 16 inci dijual dengam harga US$3.499 atau Rp55,5 jutaan.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat