visitaaponce.com

Apple Bakal Rombak Jajaran Mac, Gunakan Chip M4 dan Fokus AI

Apple Bakal Rombak Jajaran Mac, Gunakan Chip M4 dan Fokus AI
Ilustrasi MacBook(AFP)

APPLE berencana memperbarui seluruh jajaran Mac-nya dengan menggunakan chip M4, yang akan berfokus pada kemampuan kecerdasan buatan (AI).

Menurut beberapa informasi , Apple akan menekankan kemampuan pemrosesan AI pada chip baru dan integrasinya ke versi macOS berikutnya, dengan merilis model yang diperbarui pada akhir tahun 2024 atau awal tahun 2025. Rilisan ini mencakup iMac baru, MacBook Pro 14 inci kelas bawah, MacBook Pro 14 inci dan 16 inci kelas atas, serta Mac mini.

Sementara untuk jajaran chip M4 ini akan mencakup versi entry-level yang disebut Donan yang digunakan di MacBook Pro kelas bawah, MacBook Air, dan Mac mini. Disertai dengan model yang lebih kuat yaitu Brava yang akan digunakan di MacBook Pro kelas atas dan Mac mini kelas atas. Selain Donan dan Brava, ada juga prosesor kelas atas yang dirancang untuk Mac Pro dengan nama kode Hidra, yang menunjukkan bahwa ini adalah kartu chip level ultra atau ekstrim.

Baca juga : Berbagai Cara Screenshot di Macbook

Selain itu, chip M4 dibuat dengan proses tiga nanometer (nm) yang sama dengan chip M3, namun TSMC (pemasok Apple) mungkin akan menggunakan versi terbaru dari proses 3nm untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi daya. 

Apple juga berencana menambahkan Neural Engine yang lebih baik dengan lebih banyak core. Karenanya, Apple telah mendorong kemampuan pemrosesan AI secara internal untuk perangkatnya selama beberapa bulan termasuk macOS dengan kemampuan AI yang diintegrasikan ke dalam sistem.

Disisi lain, Apple kemungkinan akan menyampaikan berbagai pengumuman terkait AI di WWDC 2024 yang akan digelar pada Juni mendatang. Pada acara ini, Apple juga diperkirakan akan mengumumkan perombakan besar-besaran pada iOS terbarunya.

Baca juga : Apple Pakai AI Baidu untuk iOS 18 di Tiongkok karena Batasan Aturan

Penjualan Mac pun sempat menurun 27 persen pada tahun fiskal terbaru Apple, yang berakhir  September lalu. Dan pada bulan Desember, perusahaan merilis lini baru MacBook Pro dan iMac yang didukung oleh chip M3, yang kemungkinan akan mendongkrak penjualan lini produk Mac perusahaan.

Sejak itu, produsen PC berusaha meningkatkan penjualan dengan laptop dan desktop jenis baru yang dilengkapi fitur AI dan chip yang lebih cepat.

Kemampuan AI pada PC ini antara lain kemampuan merangkum dokumen tanpa mengirimkan data ke cloud. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat