visitaaponce.com

Makam dan Bangunan Berusia 4.500 Tahun Ditemukan di Tiongkok

Makam dan Bangunan Berusia 4.500 Tahun Ditemukan di Tiongkok
Foto aerial tentang Situs Sidun(Dok Xinhua)

SEBANYAK 40 makam, beberapa bangunan bergaya panggung, dan sumur yang berusia sekitar 4.500-5.500 tahun ditemukan di Kota Changzhou, Provinsi Jiangsu, Tiongkok timur.

Berbagai barang-barang peninggalan lain seperti tembikar, perkakas giok dan perkakas batu juga ditemukan di lokasi yang disebut dengan Situs Sidun.

Dikutip dari Xinhua, situs itu terpusat pada sebuah gundukan oval yang dikelilingi lebih dari 10 fondasi datar kecil dan diapit dua sistem pengairan. Menurut Museum Nanjing, luas totalnya mencapai sekitar 1,5 juta meter persegi. Museum Nanjing beserta para peneliti diketahui telah melakukan upaya penggalian di situs tersebut sejak 2019.

Baca juga: Tiongkok, Penghasil Emisi Gas Rumah Kaca Terbesar

Para peneliti meyakini Situs Sidun mencerminkan peralihan dari kebudayaan Songze akhir ke kebudayaan Liangzhu dan memberikan perspektif baru bagi kajian model perkembangan peradaban regional di hilir Sungai Yangtze pada zaman dahulu.

“Lebih dari 5.000 tahun yang lalu, kawasan Delta Sungai Yangtze sudah termasuk dalam lingkaran budaya yang sama,” kata Yu Chenglong, peneliti asosiasi di Museum Nanjing.

Dia menambahkan, Situs Sidun dengan jelas mencerminkan rumitnya pembentukan dan perkembangan masyarakat prasejarah di Taihu. Yu mengatakan situs itu membantu mengungkap proses perkembangan lokal menuju awal terbentuknya negara.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat