visitaaponce.com

Tiongkok, Penghasil Emisi Gas Rumah Kaca Terbesar

Tiongkok, Penghasil Emisi Gas Rumah Kaca Terbesar
Perusahaan Teknologi Lingkungan Jinshang Sichuan, tempat minyak bekas yang dikumpulkan dari restoran dan didaur ulang.(AFP/Hector Retamal.)

TIONGKOK ialah penghasil gas rumah kaca terbesar di dunia. Pendekatannya terhadap netralitas karbon sering dianggap sebagai penentu masa depan planet ini.

Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban mengenai emisi Tiongkok dan rencana iklimnya.

Berapa banyak emisi yang dikeluarkan Tiongkok?

Pada 2021, Tiongkok mengeluarkan 14,30 miliar ton setara karbon dioksida--ukuran seluruh gas rumah kaca--menurut Climate Watch, mengutip data dari Institut Potsdam untuk Penelitian Dampak Iklim. Hal ini menjadikannya penghasil emisi terbesar secara global saat ini, meskipun jika emisi historis diperhitungkan, negara ini tertinggal dibandingkan Amerika Serikat.

Baca juga: Penghasil Emisi Gas Rumah Kaca Terbesar: Amerika Serikat

Menurut Badan Energi Internasional (IEA), "Tidak ada jalan yang masuk akal," untuk menjaga pemanasan pada 1,5 derajat celsius di atas tingkat praindustri sebagai tujuan yang ditetapkan pada KTT iklim Paris tahun 2015 tanpa Tiongkok.

Dari mana asal emisinya?

Batu bara ialah penyumbang terbesar emisi karbon dioksida di Tiongkok berkat perannya yang sangat besar dalam pembangkit listrik. Hampir separuh emisi karbon dioksida di Tiongkok berasal dari sektor ketenagalistrikan. Sekitar 60% pembangkit listrik di Tiongkok masih bergantung pada batu bara, menurut IEA.

Baca juga: Vietnam Tetapkan Pajak Minimum Global ke Perusahaan Multinasional

Industri menyumbang 36% emisi karbon. Kontribusi transportasi sebesar delapan persen dan konstruksi lima persen.

Tiongkok menambahkan energi terbarukan, khususnya kapasitas tenaga surya, pada tingkat yang sangat tinggi. Saat ini perusahaan tersebut menargetkan untuk memasang 230 gigawatt (GW) pembangkit listrik tenaga angin dan surya pada tahun ini, lebih dari dua kali lipat jumlah instalasi di Amerika Serikat dan Eropa jika digabungkan, menurut konsultan Woods Mackenzie.

Sejauh ini, penambahan kapasitas tersebut sebagian besar memenuhi permintaan yang terus meningkat.
Peningkatan kapasitas, termasuk pembangkit listrik tenaga air, diperkirakan menurunkan emisi karbon Tiongkok pada 2024, menurut penelitian yang dilakukan oleh Carbon Brief tahun ini.

Apa target iklim Tiongkok?

Pada 2020, Presiden Tiongkok Xi Jinping berjanji negaranya berupaya mencapai puncak emisi karbon sebelum 2030, dengan netralitas karbon tercapai pada 2060. Tahun berikutnya, Xi berkomitmen menghentikan pembiayaan dan pembangunan pembangkit listrik tenaga batu bara baru di luar negeri dan memperkenalkan rencana lima tahun baru dengan target utama karbon dan energi.

Tiongkok berkomitmen menurunkan emisi karbon per unit PDB sebesar lebih dari 65% mulai 2005 dan menetapkan target baru untuk kapasitas terpasang tenaga angin dan surya sebesar lebih dari 1.200 gigawatt pada 2030.

Pada 2021, negara ini telah mencapai kapasitas terpasang sebesar 1.056 GW, menurut Badan Energi Terbarukan Internasional (International Renewable Energy Agency), jauh melampaui Amerika Serikat yang berada di peringkat kedua dengan hanya 345 GW. Tiongkok juga merilis rencana besar pada November untuk mengendalikan emisi metana, meskipun tidak memberikan target spesifik.

Negara ini belum menandatangani janji global yang didukung oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa untuk mengurangi penggunaan gas yang memiliki umur lebih pendek dibandingkan karbon dioksida tetapi lebih kuat.

Apakah Tiongkok berada di jalur yang tepat?

Para ahli mengatakan Tiongkok berada di jalur yang tepat untuk memenuhi komitmen iklimnya. Kecepatan instalasi energi terbarukan yang sangat cepat dapat menyebabkan emisi mencapai puncaknya sebelum 2030 dengan karbon netralitas berpotensi tercapai sebelum tujuannya pada 2060.

Survei terhadap 89 ahli yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Energi dan Udara Bersih menemukan bahwa 70% percaya Tiongkok akan mencapai puncak emisi karbon sebelum 2030. Program Lingkungan Hidup Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan pada November bahwa Tiongkok kemungkinan besar memenuhi komitmen yang telah dibuatnya dengan alasan penerapan yang cepat oleh pemerintah.

Laporan tersebut mencatat bahwa lebih dari separuh kapasitas pembangkit listrik terpasang kini berasal dari sumber bahan bakar nonfosil, lebih cepat dari target 2025. Jumlah tersebut diperkirakan terus meningkat.

Namun, permintaan energi juga terus meningkat. Kekhawatiran akan keamanan energi telah membantu mendorong berlanjutnya perluasan dan bahkan kelebihan kapasitas pembangkit listrik tenaga batu bara, kata UNEP.

Para ahli telah memperingatkan bahwa meskipun Tiongkok memasang kapasitas energi terbarukan dengan kecepatan yang jauh melampaui negara-negara lain di dunia, ekspansi batu bara mengancam kemajuan. Meskipun Xi berjanji membatasi penggunaan batu bara baru, Tiongkok menolak pernyataan yang akan mendorong penghentian penggunaan bahan bakar fosil secara bertahap. Ini isu yang kemungkinan menjadi poin negosiasi utama dalam perundingan iklim COP28. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat