visitaaponce.com

Targetkan Netralitas Karbon di Pabrik Cikarang pada 2025

Targetkan Netralitas Karbon di Pabrik Cikarang pada 2025
Foto udara panel surya di atap pabrik Schneider Electric di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (28/7/2022).(ANTARA/FAKHRI HERMANSYAH)

Schneider Electric Indonesia mempertegas komitmen terhadap program berkelanjutan dengan menargetkan netralitas karbon atau emisi nol bersih pada tahun 2025 di pabrik pintar mereka di Cikarang, Jawa Barat.

"Targetnya kita 2025 sudah zero carbon operation di Cikarang. Sekarang baru 20% (mengonsumsi energi listrik dari tenaga surya), targetnya 2025 kita 100%," ungkap Direktur pabrik Schneider Electric Cikarang Rudy Granet di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (23/3).

Baca juga: Peduli Isu Pemanasan Global, Arsitek Muda Ini Rancang Kantornya dari Material Zero Carbon

Rudy mengatakan mereka membuat green energy, enegi hijau, yang ramah lingkungan. "Saat ini kami menggunakan panel surya. Kapasitasnya itu kira-kira 200 kwp. Itu sama kira-kira dengan 20% total konsumsi listrik kita atau kita bisa mengurangi kira-kira 181 ton Co2 per tahun," kata Rudy.

Sebagai upaya berkelanjutan, Rudy juga menyampaikan bahwa pabrik pintar Cikarang menerapkan efisiensi air. Mereka melakukannya dengan menampung penggunaan air wudhu di pabrik tersebut, kemudian menggunakannya untuk menyiram tanaman.

Baca juga: Dukung Indonesia Menuju Net Zero Carbon dengan Tanam Pohon Trembesi

Target netralitas karbon tersebut juga diwujudkan dengan pemanfaatan energi terbarukan sebagai sumber energi listrik di pabrik pintar Cikarang. Selain itu, Schneider juga menerapkan green supply chain seperti mengurangi air freight ratio di sektor logistik dan program 3R (reduce, reuse, recycle) di sektor kemasan produk hingga dapat mencapai zero waste dalam pengelolaan sampah. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat