visitaaponce.com

Perbaikan Emisi Truk Lebih Hemat Biaya untuk Kurangi Polusi Udara DKI Jakarta

Perbaikan Emisi Truk Lebih Hemat Biaya untuk Kurangi Polusi Udara DKI Jakarta
Truk sampah, salah satu jenis kendaraan berat operasional yang digunakan di DKI Jakarta.(Dok. MI)

PEMERINTAH tengah melakukan studi terkait dengan kontribusi transportasi pada masalah polusi udara DKI Jakarta. Dari hasil studi sementara diketahui bahwa jika pemerintah fokus untuk memperbaiki emisi dari truk dan kendaraan berat, maka biaya yang dikeluarkan akan lebih murah dibanding melakukan intervensi pada kendaraan pribadi.

“Itu masih sementara meskipun belum selesai ditulis menunjukkan bahwa kalau kita concern memperbaiki emisi dari truk dan kendaraan berat, biayanya jauh lebih rendah daripada kita mengintervensi kendaraan roda dua jadi listrik semuanya,” kata Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sigit Reliantoro dalam acara konferensi pers Penanganan Polusi Jabodetabek di gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Kamis (20/6).

Seperti diketahui, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Jakarta, diketahui ada sejumlah sektor yang menjadi penyumbang polusi di Jakarta. Adapun, dua sektor tertinggi yakni transportasi sebanyak 44% dan industri 31%.

Baca juga : Pemprov DKI akan Perluas Kawasan Rendah Emisi di Jakarta

Karenanya, kata Sigit, KLHK tidak bisa bekerja sendirian dalam mengatasi masalah polusi. Ada pihak-pihak lain yang akan berkontribusi positif dalam peningkatan kualitas udara di Jakarta. Salah satunya yakni kementerian-kementerian yang mampu mendorong masyarakat untuk beralih ke bahan bakar ramah lingkungan.

Ia meyakini, hasil studi mengenai kontribusi sektor transportasi terhadap masalah polusi di Jakarta dapat menjadi acuan bagi pemerintah untuk membuat kebijakan.

“Itu sudah dikaitkan dengan konsekuensi kalau terjadi seperti ini, dampak kesehatan seperti apa. Kita punya gambaran dampak sosialnya. Studi tersebut masih kita selesaikan tahun ini,” pungkas Sigit.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat