visitaaponce.com

Taiwan Targetkan Transformasi Hijau Net Zero Emisi

Taiwan Targetkan Transformasi Hijau Net Zero Emisi
Taiwan meluncurkan kampanye Go Green with Taiwan(Dok)

SEBAGAI upaya memperkuat peranannya dalam keberlanjutan lingkungan global, Taiwan meluncurkan kampanye "Go Green with Taiwan" . Kampanye ambisius ini diperkenalkan dalam sebuah konferensi pers yang digelar di AMBI Space One, Taipei City, gedung hijau tertinggi di dunia yang kini menjadi landmark ikonik Taiwan.

Acara tersebut dihadiri tokoh-tokoh penting seperti James Huang selaku Chairman Taiwan External Trade Development Council (TAITRA), Cynthia Kiang selaku Director General Taiwan International Trade Administration (TITA) di bawah Ministry of Economic Affairs (MOEA), dan Stan Shih selaku Honorary Ambassador yang juga menjabat sebagai Founder & Honorary Chairman of Acer Group.

Melalui keterangan resmi yang diterima hari ini menyebutkan Kampanye "Go Green with Taiwan" bertujuan untuk mengajak orang-orang dari seluruh dunia menunjukkan kreativitas mereka dalam mendukung masa depan yang berkelanjutan. 

Baca juga : 28 dari 40 Armada Trans Semarang Melebihi Ambang Batas Emisi

Melalui sebuah sayembara, peserta diundang untuk mengirimkan proposal yang menggabungkan produk dan solusi hijau dari Taiwan. Pengajuan proposal dibuka dari 19 Juni hingga 31 Agustus 2024, dengan hadiah uang tunai sebesar USD 20.000 untuk tiga proposal terbaik. Ada empat kategori yang harus dipenuhi dalam proposal ini: keberlanjutan lingkungan dan ekonomi, kelayakan, inovasi, dan koneksi produk atau solusi dari perusahaan Taiwan.

James Huang menegaskan, “Industri Taiwan punya ketahanan yang luar biasa. Baik saat menjadi salah satu dari Empat Macan Asia di masa lalu atau sebagai pulau cerdas di tengah gelombang AI saat ini, Taiwan telah menciptakan keajaiban di setiap era. Taiwan menempatkan dirinya sebagai pusat penting dalam 'Rantai Pasokan Demokratis Global.”

Sementara itu, Cynthia Kiang menyatakan, “Industri hijau Taiwan memiliki teknologi canggih, infrastruktur dan layanan maju, lingkungan R&D yang kuat, dan tenaga teknologi yang super terampil. Taiwan mampu menghasilkan bahan hijau yang stabil dan bernilai tambah tinggi serta produk terkait, menjadikannya mitra yang tak tergantikan untuk pengembangan energi hijau dan ekonomi berkelanjutan internasional.”

Baca juga : Ini Langkah Taiwan untuk Atasi Perubahan Iklim

Stan Shih, yang dinobatkan sebagai Honorary Ambassador, menambahkan, “Kolaborasi ini bertujuan untuk mendorong perusahaan energi hijau berkelanjutan Taiwan agar sesuai dengan standar global, membantu dunia mencapai emisi karbon net-zero dan transformasi hijau,” ujarnya. 

Konferensi pers ini juga dihadiri perwakilan dari berbagai perusahaan energi hijau Taiwan, asosiasi industri, dan diplomat asing. Para hadirin menyaksikan inovasi-inovasi hijau Taiwan, termasuk solusi ekonomi sirkular, transportasi rendah karbon, energi dan penyimpanan, serta peralatan lingkungan melalui animasi panorama 3D Telanjang-Mata.

Gedung AMBI Space One sendiri mencerminkan komitmen Taiwan terhadap konservasi lingkungan dan efisiensi energi, dengan berbagai inisiatif lingkungan inovatif seperti dinding check-in elektronik tanpa kertas, penggunaan peralatan makan ramah lingkungan, dan minuman fair-trade. Acara ini minim dekorasi dan limbah, menegaskan tekad Taiwan untuk menjalani gaya hidup yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Kampanye "Go Green with Taiwan" bukan hanya sekadar mempromosikan produk dan solusi hijau Taiwan, juga mengajak mitra internasional untuk bersama-sama mendorong transformasi ekonomi dan lingkungan yang berkelanjutan. Taiwan berharap dapat memainkan peran penting dalam upaya global untuk menjaga bumi melalui kerjasama internasional dan inovasi hijau. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat