visitaaponce.com

Jaga Kualitas Udara, Dinas LH Kota Tangerang Gelar Uji Emisi Gratis

 Jaga Kualitas Udara, Dinas LH Kota Tangerang Gelar Uji Emisi Gratis
Ilustrasi.(MI/Sumaryanto)

UNTUK menjaga kualitas lingkungan dan udara, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Banten, menggelar uji emisi terhadap kendaraan roda empat secara gratis. Pelaksanaan ujit ersebut akan berlangsung mulai besok (Selasa, 11/6) hingga Kamis (13/6).

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Wawan Fauzi, tujuan kegiatan uji tersebut untuk melihat apakah polutan yang keluar dari kendaraan roda empat memenuhi baku mutu atau tidak. "Kita lakukan ini demi menjaga kualitas lingkungan dan udara di Kota Tangerang," kata Wawan, Senin (10/6).

Mantan Kepala Satpol PP Kota Tangerang, ini menuturkan, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, setiap orang yang menghasilkan emisi dari alat transportasi darat berbasis jalan yang telah memasuki masa pakai lebih dari tiga tahun wajib memenuhi baku mutu emisi.

Baca juga : Belasan Kendaraan Dinas Milik Polrestro Tangerang Kota tidak Lolos Uji Emisi

Pemenuhan baku mutu emisi tersebut, lanjutnya, bisa dijadikan sebagai dasar pengenaan tarif pajak kendaraan bermotor. Untuk mengikuti uji emisi gratis khusus kendaraan roda empat, masyarakat hanya perlu membawa fotokopi STNK

Sedangkan kuota dari uji emisi sebanyak 600-700 kendaraan untuk setiap lokasi. Perinciannya, Selasa (11/6), di Jalan Jenderal Sudirman (depan Kompleks Imigrasi), Rabu (12/6) di Jalan MH Thamrin (Apartemen Ayodhya),dan Kamis (13/6) di Jalan STA 11/Metland Cyber City (depan RS Mandaya).

"Saya imbau masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan agar sama-sama menjaga lingkungan dan udara di Kota Tangerang. Ayo sayangi udara kita, sayangi kendaraan kita," pungkasnya.(J-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eksa

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat