visitaaponce.com

Denda Uji Emisi Dihentikan, Pemprov DKI sudah Koordinasi Polda Metro Jaya

Denda Uji Emisi Dihentikan, Pemprov DKI sudah Koordinasi Polda Metro Jaya
Petugas memperlihatkan surat keterangan hasil uji emisi saat digelarnya razia dan tilang uji emisi di Jakarta, Rabu, (1/11).(MI/Usman Iskandar )

PEMPROV DKI Jakarta melalui Satuan Tugas Pengendalian Pencemaran Udara (Satgas PPU) tetap melanjutkan razia uji emisi pada kendaraan bermotor roda dua maupun empat.

Juru Bicara Satgas, Ani Ruspitawati mengatakan razia tetap berlangsung tanpa adanya sanksi dan denda tilang.

"Jadi akan tetap dilakukan razia di beberapa titik yang tetap dimana itu dilakukan on the spot dilakukan uji emisi, tetapi tidak dilanjutkan dengan sanksi tilang," ujar Ani di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (3/11).

Baca juga : 1,1 Juta Kendaraan di DKI sudah Uji Emisi

Menurut Ani, saat ini sanksi yang diberikan kepada para pengguna motor dihentikan sementara. Ia mengatakan, saat ini pihaknya bersama dengan Kepolisian tengah membuat formulasi penindakan tilang uji emisi.

"Sementara dalam proses itu konsepnya masih dalam sosialisasi dari kami masih memberikan edukasi ke masyarakat untuk melakukan uji emisi. Selanjutnya bentuk sanksi selanjutnya seperti apa, kami akan koordinasikan kembali," ujar Ani.

Ani juga mengklaim, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dirlantas Polda Metro Jaya dalam tilang uji emisi. Namun, untuk alasan dihentikannya denda uji emisi dirinya mengembalikan keputusan ke Polda Metro Jaya.

Baca juga : Pemprov DKI dan Polda Metro Jaya Sepakati Razia Uji Emisi hingga Akhir Tahun tanpa Denda

"Koordinasi sudah sampai dengan kemudian ada keputusan dilaksanakan kembali sanksi tilang kemarin itu juga sudah dilakukan lewat koordinasi, tapi mungkin pertanyaannya (dihentikan) lebih cocok ke Polda ya," jelasnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya memutuskan berhenti melakukan tilang uji emisi pada pengguna kendaraan di ibu kota sehari usai melakukan razia dan tilang bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai kemarin, Rabu (1/11).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan telah melakukan evaluasi pada satu hari pelaksanaan razia dan tilang uji emisi. Hasilnya dikatakan banyak komplain masyarakat dan dirasa masih perlu sosialisasi. (Far/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat