visitaaponce.com

1,1 Juta Kendaraan di DKI sudah Uji Emisi

1,1 Juta Kendaraan di DKI sudah Uji Emisi
Sebanyak 66 kendaraan ditilang pada hari pertama razia uji emisi di DKI Jakarta.(MI/Vicky G )

JURU bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengungkapkan, sudah lebih dari 1,1 juta kendaraan di DKI Jakarta yang melakukan uji emisi.

Dari jumlah tersebut, 1 juta kendaraan adalah roda empat dan sisanya sebanyak 101 ribu kendaraan adalah roda dua. Digalakkannya uji emisi dilakukan agar emisi kendaraan bermotor dapat memenuhi standar baku mutu sehingga dapat mengurangi polusi udara Ibukota.

"Kampanye uji emisi, Dinas Lingkungan Hidup terus-menerus mengajak masyarakat melaksanakan uji emisi kendaraan pribadinya apakah itu roda empat ataupun roda dua," kata Ani dalam konferensi pers di Balai Kota, Jumat (8/9).

Baca juga: Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Tindak Tegas Pabrik Pengolahan Biji Plastik di Kalideres

Terdapat 333 unit bengkel untuk kendaraan roda empat dan 107 kendaraan roda dua yang dapat melakukan uji emisi. Selain itu, sebagai langkah percepatan uji emisi, Pemprov DKI Jakarta menggandeng swasta untuk menyediakan bengkel uji emisi.

"PT Astra International TBK telah menjadi mitra pemerintah yang telah menyediakan bengkel uji emisi di 45 bengkel milik PT Astra internasional dan disiapkan untuk melayani uji emisi gratis kepada masyarakat mulai dengan September 2023 hingga Desember 2024," ujarnya.

Baca juga:DLH DKI Jakarta Latih Teknisi Bengkel Uji Emisi di Bandung

Selain itu, untuk mendorong kendaraan bermotor melakukan uji emisi, Pemprov DKI juga menggandeng Polda Metro Jaya untuk melakukan tilang bagi kendaraan yang tidak lolos uji emisi. Tilang ini dilakukan mulai 1 September lalu dilakukan di beberapa lokasi di seluruh wilayah DKI Jakarta. (Put/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat