visitaaponce.com

Temuan 700 Makam Kuno Bikin Geger Kebumen

Temuan 700 Makam Kuno Bikin Geger Kebumen
Warga menunjukkan lokasi salah satu makam kuno di Kebumen, Jawa Tengah.(MGN)

WARGA Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, geger karena temuan makam kuno di pekarangan warga. Jumlah makam kuno tersebut mencapai ratusan.

Makam kuno tersebut baru diketahui, setelah warga akan membangun madrasah, bagi anak-anak di Dukuh Blimbing Desa Sidomulyo Kecamatan Ambal, Kebumen. 

Penemuan makam kuno, juga sempat menggegerkan warga, pasalnya ditempat tersebut bukan pemakaman umum, namun hanya tanah pekarangan milik warga.

Baca juga : Makam Kuno Muncul dari Waduk Gajah Mungkur

Mahmud, perangkat desa Sidomulyo mengungkapkan, mereka tidak mengetahui asal usul makam kuno di desanya. Bahkan, tidak ada cerita tentang sejarah dari orang tua maupun sesepuh desa setempat.

"Ya itu memang dulunya (makam) sudah ada tapi memang hanya satu dua. Tapi ternyata karena komunikasi lewat goib, tapi ternyata itu ada ratusan kemarin ya cuma untuk persyaratan untuk pindahnya ya, mengambil tanah satu jari terus dibawa ke kuburan. Ya itu sih.. penggalian juga nggak ada apa-apa juga nggak ada cuma persyaratan karena ini kan mau dibuat madrasah," jelasnya.

Baca juga : Mahalnya Tanah Pemakaman di Pematang Siantar

Di lokasi makam kuno terlihat beberapa susunan batu bata, yang menyerupai sebuah bangunan makam. Warga baru mengetahui, setelah akan melakukan pembangunan gedung madrasah di tempat tersebut.

Dari penuturan warga, makam kuno yang ditemukan mencapai 700 makam. Saat ini, keberadaan makam-makam itu telah dipindahkan ke pemakaman umum setempat oleh warga. Pembangunan gedung Madrasah, terus dilanjutkan seusai dilakukan pemindahan makam. (MGN/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat