visitaaponce.com

Pemkab Kebumen Beri Makan Gratis 1.014 Lansia

Pemkab Kebumen Beri Makan Gratis 1.014 Lansia
Ilustrasi.(Freepik)

DINAS Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinas Sosial P3A) Kebumen, Jawa Tengah (Jateng), memberikan bantuan makanan siap saji kepada para lanjut usia (lansia) di seluruh kecamatan. Setidaknya ada 1.014 lansia di Kabupaten Kebumen yang mendapat makanan bergizi gratis dari Pemkab Kebumen.

"Kami sudah mulai melaksanakan pemberian makanan gratis siap saji untuk para lansia di Kabupaten Kebumen dengan sebanyak 1.014 orang lansia. Pemkab memberikan bantuan ini selama satu bulan," kata Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Kebumen, Dwi Suliyanto, pada Rabu (29/5).

Untuk program ini, Pemkab Kebumen menganggarkan Rp1,3 miliar untuk menyediakan makanan siap saji bagi para lansia. 

Baca juga : Tangkapan Udang Jerbung Melimpah, Nelayan Pantai Selatan Semringah

Makanan tersebut diberikan pada waktu pagi dan siang dengan menu lengkap terdiri dari protein hewani dan nabati seperti ikan, telur, ayam, tahu, tempe, sayur mayur, serta buah-buahan. "Satu porsi makanan dihargai sebesar Rp22 ribu per porsi," terang Dwi.

Para penerima manfaat ini merupakan lansia yang sudah masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan non-DTKS. Makanan gratis ini merupakan program murni dari Pemkab Kebumen yang dianggarkan melalui APBD. "Ini baru pertama kali kami laksanakan di 2024," tuturnya.

Adapun sistem pendistribusiannya yaitu semua makanan dikumpulkan di kantor kecamatan. Setelah itu, ada kurir yang ditugaskan untuk mengantar ke tiap-tiap rumah lansia. Dwi menyebutkan bahwa per kecamatan rata-rata ada sekitar 39 lansia yang mendapat manfaat dari program tersebut.

"Pemberian makanan siap saji gratis ini sebagai bentuk perhatian Pemkab terhadap para lansia yang sudah tidak bisa bekerja. Meskipun hanya satu bulan, tetapi paling tidak sudah ada perhatian dari kami. Harapannya ini bisa terus berlanjut setiap tahun dengan jumlah yang lebih banyak," tambahnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat