visitaaponce.com

36 Pemenang Menulis Cerpen FTBI Sumatera Selatan Mengikuti Kemah Cerpen

36 Pemenang Menulis Cerpen FTBI Sumatera Selatan Mengikuti Kemah Cerpen
Pemenang Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) yang dilaksanakan Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan(dok: Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan)

Sebanyak 36 orang siswa SD dan SMP pemenang Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) yang dilaksanakan Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan mengikuti kemah cerpen pada 4—6 Desember 2023 di salah satu hotel di Palembang.

Peserta berasal dari Kabupaten OKU Timur, OKU Selatan, OKI, OKU, Muaraenim, dan Kota Palembang. Keenam daerah ini menjadi sasaran pelaksanaan Revitalisasi Bahasa Daerah Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 2023.

Vita Nirmala Koordinator Revitalisasi Bahasa Daera(RBD) Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan menyebutkan pada kegiatan ini Kabupaten OKU mengirimkan 8 orang peserta, Kabupaten OKI 12 orang peserta, Kabupaten OKUS 4 orang peserta, Kabupaten OKUT 4 orang peserta, Muaraenim 4 orang peserta, dan Kota Palembang 4 orang peserta.

Peserta yang berjumlah 36 orang ini menulis cerpen ke dalam 2 bahasa, yaitu bahasa daerah dan bahasa Indonesia. Bahasa daerah yang dimaksud adalah bahasa Komering, Ogan, Kayuagung, Padamaran, Lematang, dan Melayu Dialek Palembang.

Untuk penguatan karya-karya mereka, juga hadir seorang cerpenis Indonesia asal Sumatera Selatan Rizqi Turama. “Harapan kami, dengan bekal pengetahuan dalam pelatihan ini, akan menjadi modal peserta dalam penulisan karya cerpen berikutnya.”demikian pernyataan tertulis dari Bali Bahasa Provinsi Sumsel dan Asosiasi Tradisi Lisan Sumsel.

Dalam sambutannya, Karyono Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pelatihan menulis cerpen bagi siswa yang memang sudah ada bakat dalam menulis cerita pendek, memberikan kemampuan menggali ide atau gagasan dengan pengembangan kalimat bernuansa sastra dalam bahasa daerah. (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat