visitaaponce.com

Satu Juta Buku Tersedia di Festival Semesta Buku

Satu Juta Buku Tersedia di Festival Semesta Buku
Pegiat literasi, Maman Suherman (baju merah) hadir dalam pembukaan festival Semesta Buku di Jakarta, Rabu (6/12/2023).(MI/ Rifaldi Putra)

FESTIVAL literasi Semesta Buku menyiapkan sekitar 1 juta buku pada acara bazar mereka. Tidak hanya itu, acara yang berlangsung mulai hari ini hingga 10 Desember 2023 itu juga mengelar jumpa penulis, diskusi, nonton bareng, hingga donasi buku.

 

Bertempat di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah, Jakarta, buku yang tersedia di bazar dijual mulai harga Rp5 ribu. "Semesta buku ini adalah bazar buku dan juga literasi, yang mana harapannya akan ada banyak orang datang dan bisa mendapatkan buku dengan harga yang terjangkau dan juga dapat mengeksplorasi begitu kayanya dunia literasi," ucap Publishing & Education Director, Kompas Gramedia Adi Ekatama dalam konferensi pers, Rabu (6/12).

 

Dijelaskannya bahwa gelaran Semesta Buku layaknya sebuah perayaan. Digelar pertama kali, Adi berharap gelaran Semesta Buku akan menjadi festival literasi yang bakal hadir setiap tahunnya. "Harapanya ini menjadi semesta buku pertama dari event-event semesta buku selanjutnya kedepannya, yang juga menjadi salah satu upaya Gramedia untuk berkontribusi akan kemajuan dunia literasi Indonesia," jelas Adi.

 

Sementara itu, pegiat litetasi Maman Suherman menyambut gembira gelaran Semesta Buku, dia mengatakan kegiatan ini menjadi jembatan yang menghubungkan masyarakat kepada buku. Menurutnya, tantangan dunia literasi Indonesia saat ini bukanlah bagaimana minat baca masyarakat yang rendah, melainkan akses antara manusia dan bahan bacaan yang jauh.

 

"Mereka sebetulnya haus dengan bagan bacaan, persoalannya cuman satu akses antara buku dengan manusia jaraknya jauh. Semesta buku adalah salah satu cara untuk mendekatkan buku dengan manusia," ujar Maman. (M-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat