visitaaponce.com

Putri Ariani hingga Seblak Rafael Puncaki Pencarian di Google

Putri Ariani hingga Seblak Rafael Puncaki Pencarian di Google
Rafael Tan (paling kiri), Putri Ariani (lima dari kiri) dan selebritas lainnya di konferensi pers Google Year in Search 2023, Senin (18/12).(MI/ Rahmatul Fajri)

GOOGLE Indonesia merilis Year in Search 2023 atau topik yang trending atau paling banyak dicari pengguna internet di Indonesia sepanjang tahun ini. Google merilis 8 kategori pencarian populer, di antaranya: mengapa, apa, siapa, lirik lagu, resep film/serial tv, berita, olahraga, dan peristiwa nasional.

 

Pada kategori film/serial televisi, pengguna banyak mencari "Gadis Kretek", "Petualangan Sherina" hingga "lirik mengenang bintang". Tidak hanya sekedar memilah dan menerima informasi, masyarakat Indonesia juga cukup kritis dalam meneliti latar belakang konten yang mereka konsumsi, salah satunya dengan melacak profil sosok yang berperan. Penelusuran dengan keyword "Nadia Omara", "Putri Ariani". "Karni Ilyas" dan "Otto Hasibuan" merupakan pencarian terpopuler untuk kategori Siapa.

 

Penyanyi Putri Ariani yang hadir dalam acara, mengaku tidak menyangka dirinya merupakan sosok yang banyak dicari di Google. Pelantun lagu Loneliness itu mengaku pencapaian ini akan menjadi pelecut bagi dirinya untuk terus berkarya.

 

"Alhamdulillah, kalau aku memaknai ini dengan kata-kata Putri bisa bilang golden seventeen, tahun keemasan Putri. Dan Putri berharap tahun depan bisa lebih lagi. Putri berharap di 2024 Putri bisa lebih lagi dan juga karya Putri bisa selalu didengar dan diterima," kata Putri, pada konferensi pers Year in Search 2023 di Jakarta, Senin (18/12).

 

"Fokus untuk menciptakan lagu baru, berkarya dan juga pastinya akan selalu kasih surprise buat semuanya. Judulnya Who I am. Kemungkinan di awal Januari pokok ya tungguin aja," tambahnya.

 

Pada kategori lirik lagu, pengguna banyak mencari lirik Komang, lirik Lagu Sial, lirik Satu Satu, dan lirik Lagu Jiwa yang Bersedih.

 

Communication Manager, Google Indonesia Feliciana Wienathan menjelaskan jika data yang digunakan dalam Year in Search 2023 berdasarkan penelusuran 1 Januari – 30 November 2023. Pencarian pada tahun ini mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

 

Ia menilai jika masyarakat Indonesia semakin kritis dan jeli dalam mencari informasi, juga lebih bijak dalam menggunakan teknologi. "Berita nasional dan tokoh selalu dicari tapi yang paling menarik adalah ternyata masyarakat itu kalimat pencariannya makin panjang. Kedua ada juga pencarian interest tentang teknologi semakin meningkat. Masyarakat makin mencari apa sih artificial intelligence. Banyak yang mencari tahu," kata Feliciana.

 

Sementara itu, pada kategori mengapa, beberpa pencarian yang trending ialah soal mengapa kita harus menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi. Lalu, mengapa ada bayangan. Kemudian, mengapa kita harus saling menghargai perbedaan pendapat.

 

Pada kategori peristiwa nasional, pencarian yang trending ialah "jadwal Piala Dunia U-17", "Timnas Indonesia" dan "Apa itu KTT Asean. Selain itu, minat masyarakat terhadap teknologi juga meningkat, khususnya terkait Artific Intelligence (AI), hal ini terlihat dari meningkatnya penelusuran seputar "Al", "Bard" dan "mengapa teknologi harus digunakan secara bijaksana

 

Meningkatnya kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kesehatan, olahraga pound fit, olehraga crossfit,  jenis matras yang cocok untuk olahraga yoga dan pemcarian mengenai penjelasan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) menjadi topik olahraga yang dieksplor pengguna dalam mesin pencarian Google.

 

Selanjutnya, para pecinta kuliner juga antusias untuk membuat kreasi sajian favorit sendiri. Konten mukbang seblak Rafael Tan menjadi salah satu topik penelusuran teratas. Kemudian, resep mochi bites, resep odeng dan resep puding lumut gula merah juga menjadi kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna. (M-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat