visitaaponce.com

Lewotolo Semburkan Abu, Wings Air Batalkan Penerbangan

Lewotolo Semburkan Abu, Wings Air Batalkan Penerbangan
LAYANAN TRANSPORTASI UDARA: Petugas menyemprotkan cairan disinfektan pada penumpang pesawat komersial Wings Air.(ANTARA/Aditya Pradana Putra)

WINGS Air (kode penerbangan IW), maskapai di bawah naungan Lion Air Group, membatalkan dua penerbangan akibat erupsi dan aktivitas Gunung Lewotolo di Pulau Lembata, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

"Sehubungan kondisi tersebut, dalam memastikan keselamatan dan keamanan (safety first), layanan penerbangan perdana Wings Air yang dijadwalkan pada 30 November 2020 mengalami pembatalan (cancel flight) di dua penerbangan," jelas Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang M Prihantoro, Senin (30/11).

Ia menambahkan, berdasarkan pengumuman resmi dari otoritas setempat, Bandar Udara Wonopito, Lewoleba di Pulau Lembata (LWE), ditutup pada 29 November 2020 dari pukul 12.58 WITA hingga 16.00 WITA (sesuai operasional bandar udara).

Penutupan bandar udara itu untuk merespons erupsi dan naiknya aktivitas gunung yang disebut masyarakat setempat Ile Lewotolok tersebut. Dikhawatirkan material abu vulkanik (volcanic ash) dapat merusak pesawat udara sehingga membahayakan penerbangan.

Dua penerbangan yang dibatalkan ialah Penerbangan nomor IW-1994 rute Kupang–Lewoleba dan Penerbangan nomor IW-1995 Lewoleba–Kupang.

Danang menjelaskan, kondisi terganggunya operasional dari akibat gunung meletus itu termasuk force majeure, yakni keadaan yang terjadi di luar kemampuan manusia dan perusahaan.

"Wings Air telah memberikan informasi kepada seluruh pelanggan (penumpang) yang terganggu perjalanannya dan memperbarui sesuai perkembangan," kata Danang.

Atas pembatalan penerbangan tersebut, Wings Air menjadwal ulang keberangkatan di hari berikutnya atau reschedule dan melakukan pengembalian dana (refund) sesuai aturan yang berlaku. (E-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Mirza

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat