visitaaponce.com

Lava Letusan Gunung Uli Lewotolok Mengalir ke Arah Tenggara Selatan

Lava Letusan Gunung Uli Lewotolok Mengalir ke Arah Tenggara Selatan 
Lava letusan Gunung Uli Lewotolok mengalir ke arah Tenggara Selatan (Metro Tv)

GUNUNG Api  Ili Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), kembali meletus sebanyak 19 kali sejak pukul 00.00-06.00 Wita. Gunung meletus dengan amplitudo 16,3-34,6 milimeter (mm) dengan durasi 35-90 detik.

"Teramati 19 kali letusan dengan tinggi 200-500 meter (m) dan warna asap putih dan kelabu," terang Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Ile Lewotolok, Fajaruddin M. Balido, melalui siaran pers, Kamis.(7/3).

Selain meletus, gunung yang sedang berada pada level III siaga ini juga mengalami embusan sebanyak 94 kali dengan amplitudo 2-18,6 mm dengan durasi 30-107 detik. Selain itu Gunung Ile Lewotolok juga mengalami tremor non harmonik sebanyak dua kali dengan amplitudo 3,2-6 mm dengan durasi 141-154 detik.

Baca juga : Tim SAR Temukan 2 WNA Kemah di Jalur Lava Gunung Lewotobi

Fajaruddin mengatakan letusan gunung itu disertai gemuruh atau dentuman lemah hingga sedang. "Aliran lava mengalir ke arah tenggara dan selatan," terangnya.

Fajaruddin mengimbau kepada warga maupun turis agar tidak memasuki wilayah dengan radius 2 kilometer (km) dari pusat aktivitas Gunung Ile Lewotolok. Khususnya warga Desa Lamawolo dan Desa Jontona agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya dari guguran atau longsoran lava serta awan panas dari bagian timur puncak atau kawah gunung.

Selain itu, warga diingatkan untuk selalu mengenakan masker pelindung mulut dan hidung serta perlengkapan lain guna melindungi mata dan kulit. "Hal itu guna mencegah gangguan pernapasan (ISPA)," tandasnya.

Dia juga mengimbau kepada pemerintah daerah/BPBD Kabupaten Lembata untuk senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Ile Lewotolok di Desa Laranwutun, Kecamatan Ile Ape, atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya. (Z_8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat