visitaaponce.com

Tim SAR Temukan 2 WNA Kemah di Jalur Lava Gunung Lewotobi

Tim SAR Temukan 2 WNA Kemah di Jalur Lava Gunung Lewotobi
Ilustrasi(Antara)

Tim Pencarian dan Penyelamatan (SAR) gabungan menemukan dua warga negara asing (WNA) asal Swedia di zona merah erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Rabu (17/1). Saat ditemukan, keduanya sudah membangun tenda di lokasi tersebut.

"Kami temukan ada dua WNA yang sudah berada di area yang kiranya menjadi jalur lahar panas atau material gunung api. Itu sangat berbahaya dan harus dikosongkan, Tidak boleh ada aktivitas," kata Komandan Tim Basarnas Maumere untuk Bencana Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki, Riswan Dwiputra, di Flores Timur, Kamis (18/1).

Tim SAR pun langsung menjelaskan kondisi di wilayah tersebut. Riswan bersyukur keduanya memahami informasi yang disampaikan. Dua WNI itu langsung diarahkan ke Konga atau Larantuka sebagai titik aman, yang jauh dari jalur aliran lava.

Baca juga: 6.179 Orang Mengungsi Akibat Erupsi Gunung Lewotobi

"Mereka sempat bertanya area mana yang kira-kira dinyatakan aman untuk berkemah. Kami arahkan untuk keluar dan kami kawal hingga ke jalan raya Maumere-Larantuka," tutur Riswan.

Dari informasi yang diperoleh Tim SAR gabungan, dua WNA pria bernama Alex (34) dan Hening (38) itu telah membangun sebuah tenda lengkap dengan peralatan masak dan alas tidur.

"Tujuan mereka memang mau berkemah karena melihat area itu cukup bagus, ada pemandangan gunung api," jelas Riswan.

Baca juga: Komunitas Harley Davidson Beri Bantuan kepada Korban Erupsi Gunung Lewotobi

Riswan menyatakan komitmen tim SAR gabungan untuk melakukan patroli dan memastikan warga dari tujuh desa terdampak erupsi sudah mematuhi rekomendasi larangan yang dikeluarkan PVMBG. Ia juga berharap ada pos jaga di Desa Nobo, Kecamatan Ile Bura, agar tidak ada lagi aktivitas keluar masuk kampung, baik bagi masyarakat maupun wisatawan.

"Seharusnya sudah ada pos sehingga tidak ada lagi yang beraktivitas karena itu daerah rawan," tandasnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat