visitaaponce.com

Gunung Api Ile Lewolotok Erupsi, Masyarakat Diimbau Tidak Lakukan Aktivitas di Sekitar Gunung

Gunung Api Ile Lewolotok Erupsi, Masyarakat Diimbau Tidak Lakukan Aktivitas di Sekitar Gunung
Peta kawasan Gunung Ile Lewolotok(Antara/Kornelis Kaha)

GUNUNG Api Ile Lewolotok di Nusa Tenggara Timur kembali mengalami erupsi. Berdasarkan laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi itu terjadi pada 08.45 WITA.

"Tinggi kolom letusan teramati kurang lebih 750 meter di atas puncak atau 2.173 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat dan barat laut," ungkap PVMBG dalam keterangan resmi, Senin (27/3).

Dengan terjadinya aktivitas erupsi, PVMBG menetapkan status waspada. Adapun, masyarakat maupun pengunjung yang hendak bepergian ke Gunung Ile Lewolotok diimbau tidak memasuki dan tidak melakukan aktivitas dalam wilayah radius 2 kilometer dari pusat aktivitas gunung.

Baca juga : Gunung Ile Lewotolok Masih Fluktuatif

"Masyarakat Desa Lamawolo, Desa Lamatokan, dan Desa Jontona agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya dari guguran/longsoran lava dan awan panas dari bagian timur puncak kawah Gunung Ile Lewotolok," bebernya.

Selain itu, untuk menghindari gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan Iainnya yang disebabkan oleh abu vulkanik maka masyarakat yang berada di sekitar gunung dapat menggunakan masker pelindung mulut dan hidung serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit.

Baca juga : Gunung Ile Lewotolok Erupsi, Tercatat 60 Kali Letusan

"Masyarakat yang bermukim di sekitar lembah atau aliran sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan," pungkas dia. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat