visitaaponce.com

Xiaomi akan Investasi Rp145 T untuk Mobil Listrik Pintar

Xiaomi akan Investasi Rp145 T untuk Mobil Listrik Pintar
Warga berjalan di depan toko Xiaomi di Beijing, Tiongkok, Januari 2021. Kini Xiaomi akan investasi pengembangan mobil listrik pintar.(AFP/GREG BAKER)

XIAOMI, perusahaan teknologi informasi dari Tiongkok akan menginvestasikan US$ 10 miliar atau Rp145 triliun untuk bisnis mobil listrik pintar. Hal itu disampaikan oleh pendiri sekaligus CEO Xiaomi, Lei Jun, Selasa (30/3). Pada investasi awal, perusahaan ponsel pintar itu akan menginvestasikan 10 miliar yuan atau Rp22 triliun.

"Xiaomi berharap dapat memberikan kendaraan listrik berkualitas agar seluruh orang di dunia bisa menikmati kehidupan yang lebih cerdas kapan pun," kata Lei dalam pengumuman terbuka perusahaan kepada para pemegang saham.

Baca juga: Xiaomi Menyatakan Blokir AS Telah Dicabut

Perusahaan tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang strateginya untuk memasuki industri otomotif, apakah akan fokus pada manufaktur, perangkat lunak, atau keduanya.

Xiaomi akan menghadapi banyak pesaing yang mencoba memproduksi kendaraan listrik dalam skala besar termasuk Tesla (TSLA) dan pembuat mobil tradisional seperti Volkswagen (VLKAF) dan General Motors (GM) untuk berlomba-lomba menjual mobil listrik yang ingin dibeli konsumen.

baca juga: Begini Perjalanan dan Rencana Lexus Mengembangkan Mobil Listrik

Perusahaan teknologi lain juga dikabarkan tengah menjalin kemitraan dengan pembuat mobil listrik, berharap memanfaatkan potensi pasar yang sangat besar untuk aplikasi perangkat lunak seperti otonom mengemudi. Dan Ives, seorang analis di Wedbush Securities, menulis bahwa transformasi kendaraan listrik baru saja dimulai.

"Industri ini berada di titik puncak peluang pasar US$ 5 triliun selama dekade berikutnya. Dengan GM, Ford, dan Volkswagen semuanya terjun ke dalam bisnis kendaraan listrik. Ini berbicara tentang permintaan terpendam besar-besaran secara global," ucapnya. (CNN/OL-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat