visitaaponce.com

Pertamina-PGN Sediakan Infrastruktur LNG di Kilang Cilacap

Pertamina-PGN Sediakan Infrastruktur LNG di Kilang Cilacap
Kilang Pertamina di Cilacap, Jawa tengah(Antara/Irfan Anshori)

PT Pertamina dengan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) sepakat menyediakan infrastruktur Liquefied Natural Gas (LNG) di Kilang Cilacap, Jawa Tengah. Infrastruktur itu mulai dari pembangunan Infrastruktur LNG seperti terminal LNG, transportasi LNG, penyediaan fasilitas penyimpanan, penyediaan pipa gas dan lainnya di kilang tersebut.

Rencana tersebut dituangkan lewat Penandatanganan Heads of Agreement (HOA) antara PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk dengan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), PT Pertamina International Shipping (PIS), dan PT Badak LNG pada Selasa (25/5).

Direktur Logistik & Infrastruktur Pertamina Mulyono menyampaikan dengan adanya HOA ini akan menjadi hal yang istimewa karena merupakan Project Gasifikasi pertama yang akan dibangun di kilang dimana akan mengubah Fuel menjadi LNG.

"Gasifikasi pertama yang kita bangun di kilang sementara untuk PIS ini akan menjadi catatan sejarah karena dengan HoA ini, PIS pertama kalinya akan mempunyai kapal LNG," imbuh Mulyono.

Baca juga : Restrukturisasi Bawa Krakatau Steel Kembali Catatkan Laba

Pada kesempatan yang sama Direktur Utama PGN Muhammad Haryo Yunianto menuturkan, dengan adanya HoA ini diharapkan bisa mempercepat support atau dukungan pasokan ke PT KPI.

"Seperti yang saya sampaikan ke Dirut Pertamina Ibu Nicke Widyawati sesuai dengan janji dalam menindaklanjuti HoA ini, kami sudah punya satu kesepakatan dan InsyaAllah Kita bisa  mendeliver ke KPI tepat waktu,” jelas Haryo.

Haryo juga mengharapkan dukungan dari BOD Pertamina sebagai holding agar bisa menjajaki kemungkinan kerja sama sebagai bagian value creation di kilang Pertamina lainnya selain Kilang Cilacap.

Adapun penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PGN Muhammad Haryo Yunianto, Direktur Utama KPI Djoko Priyono, Direktur Utama PIS Erry Widiastono, dan President Director & CEO Badak LNG Gema Iriandus Pahalawan disaksikan oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Logistik & Infrastruktur Pertamina Mulyono. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat