visitaaponce.com

Saudi Berencana Bentuk Maskapai Penerbangan Nasional Kedua

Saudi Berencana Bentuk Maskapai Penerbangan Nasional Kedua
Pesawat Saudi Arabian Airlines.(AFP/Fayez Nureldine.)

PENGUASA de facto Arab Saudi mengumumkan rencana, Rabu (1/7), meluncurkan maskapai penerbangan nasional kedua. Hal tersebut dilakukan saat pasar penerbangan sudah ramai dan tengah berjuang melawan pandemi virus korona.

Maskapai penerbangan yang baru itu merupakan bagian dari dorongan untuk mengubah kerajaan itu menjadi pusat logistik. Perusahaan tersebut akan menjadi kedua setelah Saudi Arabian Airlines (Saudia) yang dimiliki negara. Saudia telah menderita kerugian selama bertahun-tahun.

"Kami bertujuan meningkatkan konektivitas internasional ke 250 tujuan. Bersamaan dengan peluncuran tambahan maskapai nasional baru, kami ingin menggandakan kapasitas kargo udara menjadi lebih dari 4,5 juta ton," kata Putra Mahkota Mohammed bin Salman seperti dikutip oleh kantor berita resmi Saudi.

Putra mahkota tidak mengatakan jadwal waktu peluncuran maskapai baru itu. Sektor penerbangan tersebut dipandang sudah ramai di Timur Tengah.

Saudi Arabian Airlines menghadapi persaingan yang berkembang dari operator Teluk lain. Sebut saja Emirates Airline Dubai dan Qatar Airways yang berbasis di Doha. Keduanya menawarkan jaringan yang lebih luas.

Di bawah Pangeran Mohammed, penguasa de facto kerajaan, Arab Saudi saat ini dalam dorongan besar meningkatkan investasi guna mendanai rencana ambisius untuk mendiversifikasi ekonomi yang bergantung pada minyak.

Baca juga: Saudi Aramco Raup Rp85 Triliun dari Jual Obligasi Syariah Perdana

 

Kerajaan sedang mempertimbangkan untuk membangun bandara baru di ibu kota Riyadh sebagai pangkalan untuk maskapai baru. Ini untuk melayani wisatawan internasional dan pelancong bisnis, menurut Bloomberg News. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat