visitaaponce.com

Rute Penerbangan Baru Lombok-Balikpapan Dibuka

Rute Penerbangan Baru Lombok-Balikpapan Dibuka
Penerbangan perdana Lombok-Balikpapan.(MI/Yusuf Riaman)

PT Angkasa Pura I Bandara Lombok membuka rute penerbangan langsung dari Lombok (Nusa Tenggara Barat/NTB) tujuan Balikpapan (Kalimantan Timur) dan sebaliknya mulai hari ini, Rabu (3/7). Rute ini dilayani maskapai Lion Air. 

Penerbangan perdana rute ini ditandai dengan kedatangan pesawat Lion Air dari Balikpapan yang disambut dengan seremonial water salute sesaat setelah mendarat di Bandara Lombok pada pukul 14.00 Wita. Pesawat bernomor penerbangan JT 733 ini membawa 205 penumpang. 

Perwakilan penumpang dan kru pesawat yang tiba kemudian disambut dengan pengalungan kain khas Sasak oleh Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi NTB Hassanudin didampingi  serta perwakilan maskapai Lion Air.

Baca juga : Bandara Lombok Tambah Rute Penerbangan Internasional ke Kuala Lumpur

"Kami menyambut baik dan positif dengan hadirnya rute penerbangan baru bagi pengguna jasa Bandara Lombok," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, Barata Singgih Riwahono. Hal ini tentu akan semakin memudahkan pelaku perjalanan, wisatawan, dan pebisnis dari Lombok menuju Balikpapan, termasuk Ibu Kota Nusantara (IKN), dan sebaliknya.

Pihaknya berharap akan makin banyak lagi rute baru dan tambahan frekuensi penerbangan yang hadir di Bandara Lombok. Ujungnya, hal itu akan semakin mendorong peningkatan aktivitas pariwisata serta mendukung pertumbuhan ekonomi dan investasi di Provinsi NTB.

Rute Lombok-Balikpapan dan sebaliknya beroperasi dengan frekuensi penerbangan tiga kali seminggu setiap Rabu, Jumat, dan Minggu. Untuk jadwal penerbangannya, Lion Air nomor penerbangan JT 732 akan berangkat dari Lombok pukul 14.50 dan tiba di Balikpapan pukul 16.30. Sedangkan dari Balikpapan, pesawat Lion Air nomor penerbangan JT 733 akan lepas landas pukul 12.30 dan mendarat di Lombok pukul 14.10. 

Penerbangan ini akan menggunakan armada pesawat jenis Boeing 737-900ER berkapasitas 215 kursi dan fasilitas bagasi kabin gratis 7 kilogram serta bagasi tercatat 20 kilogram. Dengan rute ini, Bandara Lombok saat ini melayani delapan rute penerbangan domestik reguler, yaitu Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Bima, Sumbawa Besar, Makassar, dan Balikpapan yang dilayani maskapai Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Super Air Jet, dan Wings Air. 

Untuk penerbangan internasional, saat ini ada dua rute, yaitu tujuan Kuala Lumpur dilayani maskapai Indonesia AirAsia dan AirAsia Berhad serta tujuan Singapura dilayani oleh Scoot. Lombok salah satu destinasi wisata favorit Indonesia yang setiap tahun juga menjadi tuan rumah event internasional kelas dunia MotoGP. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat