visitaaponce.com

Trik Memilih Bohlam LED yang Awet dan Hemat Listrik

Trik Memilih Bohlam LED yang Awet dan Hemat Listrik
(https://www.ruparupa.com/acestore/)

TAHUKAH Anda, kalau pengeluaran lampu setiap bulannya menyumbang sekitar 10% dari konsumsi listrik secara keseluruhan. Angka ini terbilang cukup besar. Tetapi Anda  bisa mengatasinya dengan memilih penerangan yang tepat seperti menggunakan bohlam lampu LED.

Alasannya, ya karena bohlam LED memiliki berbagai keuntungan yang diberikan untuk penggunanya. Yaitu:
1. Lebih hemat energi, 
2. Warna yang nyaman di mata,
3. Memberikan penerangan secara optimal, 
4. Menghasilkan warna akurat pada sebuah objek.

Kelebihan inilah yang tidak ada pada jenis penerangan lainnya. Akan tetapi kurangnya pengetahuan tentang memilih bohlam energi yang tepat juga bisa berakibat fatal. Jadi, ada baiknya Anda mengetahui secara detail kiat memilih bohlam hemat energi untuk hunian, kantor, atau industri.

Menentukan jenis bohlam LED sesuai fungsi ruang 
Penerangan yang mengusung kecanggihan teknologi ini saat ini hadir dengan jenis, bentuk yang berbeda-beda. Sehingga Anda cukup menyesuaikan dengan  penggunaan atau tujuan membelinya.

Sebagai contoh, Jika Anda  ingin mengoptimalkan penerangan pada area keluarga atau area bekerja, maka gunakan penerangan berwarna putih dan posisikan pada tengah ruangan agar cahaya tersebar secara merata.

Berbeda lagi dengan kamar tidur, yang jauh lebih cocok menggunakan sinar berwarna kuning karena lebih hangat juga menenangkan.

 

Membatasi waktu penyalaan lampu
Agar bohlam LED dapat digunakan untuk waktu yang lebih panjang, pastikan untuk mengukur masa hidup lampu terlebih dahulu.

Setiap produk memiliki jam nyala yang berbeda-beda. Namun secara rata-rata lampu dapat bertahan 50.000 jam atau dengan lain kata 10 jam dalam sehari. Hindari menyalakan lampu pada siang hari karena hanya akan menyedot energi listrik secara percuma dan membuat tagihan listrik semakin bengkak. Sebagai gantinya bukalah bukalah jendela dan pintu agar sinar matahari dapat menerangi ruangan secara alami.

Mengenali spesifikasi produk
Dalam membeli produk apapun, wajib banget untuk mengetahui apa saja sih spesifikasi dari produk yang ingin Anda  beli. Nah, Terkait dengan bohlam lampu maka ada beberapa indikator yang harus diperhatikan, seperti watt, lumen, lux, dan candela.

Watt adalah satuan turunan untuk menghitung daya listrik yang perlu Anda  pahami. Jika semakin besar watt yang dibutuhkan maka semakin besar juga daya yang akan dipergunakan. 

Lumen. Pada lampu, lumen adalah unit yang digunakan untuk mengukur output cahaya dari penerangan tersebut. Jika angka lumen tinggi maka semakin terang juga sinar lampu yang dihasilkan.

Lux merupakan satu satuan turunan SI dari pencahayaan dan daya pancar yang diukur melalui per satuan luas. Indikator ini sendiri akan berguna untuk mengukur intensitas yang dirasakan oleh mata manusia.

Sedangkan candela adalah unit SI yang berfungsi untuk mengukur intensitas cahaya dalam satu arah, yang dipancarkan oleh suatu sumber penerangan pada arah tertentu per satuan sudut.

Setelah memahami tiga hal di atas, ada hal lainnya yang tidak boleh terlupakan adalah mempertimbangkan fitur yang dimiliki dari bohlam LED tersebut. Misalnya eye protection. Meskipun terlihat sederhana fitur perlindungan ini, akan membuat penggunanya merasa nyaman meskipun digunakan untuk waktu yang lama.

Untuk mengatasi permasalahan yang bisa saja terjadi karena penggunaan yang salah, Anda harus memilih produk yang memiliki garansi. Salah satunya bohlam LED dari ACE online yang memiliki garansi waktu yang panjang serta syarat penukaran tanpa struk belanja.  

Di samping itu perhatikan juga apakah pemasangan bohlam lampu termasuk mudah untuk dilakukan. Agar memudahkan saat pemasangannya, pastikan untuk memiliki tangga lipat dengan tinggi ideal yang dapat menjadi sarananya. Namun, hindari membeli produk abal-abal yang dapat meningkatkan risiko cedera saat penggunaan. 

Percayakan pada ACE Online yang menjual tangga berkualitas, perkakas terbaik, yang sudah teruji keamanannya. (RO/OL-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Denny parsaulian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat