visitaaponce.com

Beroperasi 17 Desember, Jepang Ikut Kelola Pelabuhan Patimban

Beroperasi 17 Desember, Jepang Ikut Kelola Pelabuhan Patimban
Pelabuhan Patimban(Antara/Raisan Al-Farisi)

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Rabu (15/12) menerima kedatangan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji untuk membahas kesiapan operasional Car Terminal di Pelabuhan Patimban. 

Pengoperasian perdana Car Terminal direncanakan pada 17 Desember 2021 mendatang, setelah diserahterimakan pengelolaannya dari Pelindo kepada Konsorsium PT Pelabuhan Patimban Indonesia (PPI) dan Toyota Tsusho Corporation (TTC). 

"Saya apresiasi profesionalisme dan dan komitmen yang ditunjukkan pemerintah Jepang dan TTC untuk memberikan yang terbaik pada proyek pembangunan Pelabuhan Patimban," kata Menhub dalam rilisnya, Rabu (15/12). 

Pada kesempatan yang sama, Dubes Jepang Kanasugi Kenji mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk memaksimalkan pemanfaatan Pelabuhan Patimban, guna menarik investasi dari para perusahaan otomotif. 

Baca juga : Voucher Digital Makin Digemari 

"Kami berharap Pelabuhan Patimban yang telah dibangun bisa sukses dan memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi di Indonesia," tuturnya. 

Pelabuhan Patimban akan menjadi cikal bakal kawasan industri dan perkotaan baru di Jabar bernama Rebana (Cirebon, Subang, Patimban dan Kertajati) Metropolitan. 

Kawasan itu meliputi enam kabupaten dan satu Kota Cirebon, dengan jantung pertumbuhan kawasan Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati. 

Selain itu, Jepang juga disebut tertarik untuk berpartisipasi dalam proyek infrastruktur lainnya, yaitu proyek Proving Ground yang berada di Balai Pengujian Laik Jalan Dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Bekasi. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat