visitaaponce.com

Saudi dan Hungaria Beli Aset Perusahaan Minyak Polandia

Saudi dan Hungaria Beli Aset Perusahaan Minyak Polandia
Proyek Pabrik Gas Fadhili, yang terletak 30 km sebelah barat kota Jubail di provinsi timur Arab Saudi.(AFP/Mohamed Alebn Alshaikh.)

PENGILANGAN milik negara Polandia, PKN Orlen, Rabu (12/1), mengumumkan rencana untuk menjual aset minyak ke Saudi Aramco dan MOL Hungaria. Ini dilakukan dalam rangka memenuhi persyaratan Uni Eropa untuk merger dengan saingan domestik, Grupa Lotos.

Saudi Aramco akan membeli saham di kilang Lotos. MOL akan membeli beberapa ratus SPBU Lotos untuk memenuhi persyaratan.

"Ini momen bersejarah. Kami sedang membentuk kelompok usaha bahan bakar dan energi terkuat di bagian Eropa ini," cuit kepala eksekutif PKN Orlen Daniel Obajtek di Twitter.  "Penggabungan PKN Orlen dan Grupa Lotos merupakan peluang luar biasa bagi pembangunan Polandia," tambahnya.

Rencana pengambilalihan diumumkan pada 2018. Namun Orlen harus terlebih dahulu mengatasi masalah persaingan yang diangkat oleh Komisi Eropa.

Persyaratan yang ditetapkan oleh komisi melibatkan persetujuan untuk menjual aset Lotos tertentu. Pengambilalihan Lotos merupakan bagian dari rencana yang lebih luas untuk mengubah Orlen menjadi entitas dengan kekuatan yang cukup untuk bersaing di arena internasional.

Baca juga: Tolak Bantuan IMF, Sri Lanka Cari Pinjaman Baru Tiongkok

Orlen telah mengambil alih perusahaan utilitas Polandia, Energa. Perusahaan itu juga berencana untuk membeli PGNiG, perusahaan gas terbesar di negara itu. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat