visitaaponce.com

Bandara Soetta Layani 818 Penerbangan Private Jet

Bandara Soetta Layani 818 Penerbangan Private Jet
Suasana landasan pacu di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.(Antara)

BANDARA Halim Perdanakusuma tengah direvitalisasi. Alhasil, penerbangan general aviation, termasuk penerbangan jet pribadi (private jet), dipindahkan ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Pada periode 24 Januari-25 Maret 2022, jumlah penerbangan private jet di Bandara Soetta tercatat 818 penerbangan. Terdiri dari 577 penerbangan domestik dan 241 penerbangan internasional. Adapun jumlah penumpang pada penerbangan private jet mencapai 4.588 orang.

"Bandara Soetta memiliki kapabilitas untuk melayani penerbangan private jet, di mana keberangkatan dan kedatangan penumpang melalui Saphire Precious Lounge," ujar President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam rilis resmi, Senin (28/3).

Baca juga: AP II Sediakan Internet 5G Cepat di Bandara Soekarno-Hatta

Fasilitas di Saphire Precious Lounge mencakup meeting room, dining room, musholla, co-working space, internet connection, entertainment TV channel, hingga charging station.

“Penerbangan private jet juga meningkatkan daya saing Bandara Soetta di kawasan Asia Tenggara,” imbuh Awaluddin.

Layanan penerbangan private jet di Bandara Soetta dimulai 24 Januari 2022, seiring dengan penutupan Bandara Halim Perdanakusuma dalam rangka revitalisasi.

Baca juga: Kuota Haji Tahun Ini Diprediksi tidak Penuh

Executive General Manager Bandara Soetta Agus Haryadi menyatakan ketersediaan tempat parkir pesawat jet. Total, parking stand saat ini bisa untuk memarkir 38 unit pesawat berbadan besar dan 150 pesawat berbadan sedang

“Kapasitas sisi udara Bandara Soetta mampu untuk mendukung penerbangan private jet. Tidak mengganggu penerbangan niaga berjadwal," paparnya.

Pesawat private jet ditempatkan di area parkir pesawat (apron) di airside Terminal 1, yang terletak dekat dengan Saphire Precious Lounge. Saat ini, Bandara Soetta juga sudah diperkuat dengan 3 landasan pacu (runway) guna mendukung kelancaran operasional penerbangan.(OL-11)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat