visitaaponce.com

AP II Sediakan Internet 5G Cepat di Bandara Soekarno-Hatta

AP II Sediakan Internet 5G Cepat di Bandara Soekarno-Hatta
Seorang WNA berjalan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.(Antara)

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menyatakan bahwa Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sudah menyediakan akses 5G cepat untuk kemudahan penumpang.

President Director AP II Muhammad Awaluddin menjelaskan pada tahap awal, pihaknya dan Telkomsel mengembangkan teknologi 5G dengan layanan 5G Fixed Wireless Access, 5G Experience Corner dan 5G Solution di Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Menkominfo Tegaskan Frekuensi 5G di Indonesia Tak Ganggu Penerbangan

“Teknologi 5G membuat koneksi lebih cepat hingga 20 kali lipat dibandingkan dengan 4G. Sehingga memberikan pengalaman baru ketika kita ingin mengunduh sesuatu atau menonton streaming video," ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (20/3).

Saat dilakukan speed test, kecepatan Telkomsel 5G di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta tercatat menembus kecepatan download hingga 237 Mbps, atau lebih cepat berkali-kali lipat dari 4G yang sekitar 16 Mbps.

Pihaknya mengklaim keberadaan jaringan Telkomsel 5G di Terminal 3 mendapat respons positif dari traveler maupun staf bandara. Tokoh telekomunikasi Indonesia yang juga pendiri IndoTelko Forum, Doni Ismanto Darwin, menilai kehadiran akses 5G di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta membantu aktivitas traveler.

Baca juga: Erick Thohir Sebut Kualitas Karpet Bandara Soekarno-Hatta Jelek

Baginya, akses 5G bisa menyelesaikan pekerjaan sembari menunggu keberangkatan penerbangan. “Surprised ketika akan berangkat ke Lombok langsung mencoba layanan 5G di gate 11 yang sangat joss. Tidak ada lag (macet) untuk streaming video," tutur Doni.

AP II menambahkan bahwa penerapan teknologi jaringan 5G di Bandara Soekarno-Hatta telah mengikuti aturan yang pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika. Terutama, dalam pemanfaatan frekuensi jaringan telekomunikasi yang memenuhi standar keamanan dan keselamatan publik.(OL-11)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat