visitaaponce.com

Tips Buat Profil Toko Online yang Menarik, Pelanggan Senang Cuan Datang

Tips Buat Profil Toko Online yang Menarik, Pelanggan Senang Cuan Datang
(DOK SHOPEE)

USAHA online saat ini banyak diminati di pasaran. Alasannya banyak sekali, mulai dari efek pasca pandemi Corona, usaha yang mudah dilakukan, praktis, keuntungan pun juga besar. Apalagi saat usaha online, modal yang dibutuhkan tidak harus banyak. Bisa coba usaha menjadi seorang reseller, dropshipper, seller toko online dan lainnya.
 
Salah satu tips untuk membuat toko online jadi laris manis adalah membuat profilnya semenarik mungkin. Baik itu membuat profil toko online secara pribadi di media sosial atau lewat e-commerce seperti Shopee, ada beberapa hal yang perlu dipercantik. Jangan sampai usaha yang dilakukan sudah berlebih namun laba yang didapatkan tidak meningkat.
 
Baik itu usaha toko online menjual baju, rajutan, makanan, atau lainnya, mari simak tipsnya berikut ini. Siapa tahu, profil toko online yang Anda buat selama ini perlu sedikit inovasi. Yuk cek selengkapnya di bawah ini.
 

Buat Logo yang Mewakili
Coba Anda perhatikan, hampir semua brand besar di Tanah Air memiliki logo sendiri. Jadi sebelum memikirkan hal-hal rumit, ada baiknya untuk menentukan logo terlebih dahulu. Dan logo yang baik adalah yang mewakili produk yang dijual. Misalnya saja hendak menjual produk makanan bayi. Setidaknya perlu logo lucu, menggemaskan yang akan menarik perhatian para bunda.
 
Tidak perlu logo yang rumit, bisa dibuat sederhana saja. Apalagi sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi pembuat logo, jadi akan memudahkan. Namun jika ingin terlihat lebih profesional, Anda bisa memesan logo dari desainer grafis atau mereka yang mengerjakan hal serupa.
 
Jika Anda membuat logo untuk toko yang berada di e-commerce, selalu perhatikan ketentuan yang berlaku. Karena setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing. Jangan sampai sudah susah payah membuat, malah terjadi pelanggaran logo. Alih-alih bisa dipasang, Anda malah akan membuat ulang.
 
Foto Utama yang Jelas 
Logo memang penting, namun foto utama juga tidak kalah pentingnya. Maka dari itulah, Anda perlu memasang foto utama yang sesuai dengan esensi produk yang ditawarkan. Selain itu tentu saja pilih foto yang jelas dan milik sendiri. Pasalnya, jika hak cipta milik orang lain, bisa-bisa Anda akan terkena penalti saat usaha sudah mulai menanjak.
 
Saat membuat foto utama, pilihlah yang simple dan jangan terlalu banyak detail yang mengganggu. Pastikan juga resolusinya tidak pecah saat dijadikan foto utama. Karena beberapa foto utama biasanya perlu diresize supaya bisa bisa diunggah. 
 
Ciptakan Nama Toko Mudah Diingat 
Nama juga menjadi perwakilan dari toko online yang Anda jalankan. Jadi nama juga menjadi branding tersendiri, maka dari itulah pilihlah nama yang mudah diingat. Tidak perlu panjang, Anda bisa membuat nama toko online yang singkat dan sederhana. Misalnya saja bisa terinspirasi dari kata kunci sesuai produk yang dijual. Namun tentunya dibarengi dengan sedikit modifikasi.
 
Ciptakan nama toko maksimal 3 kata dan pertimbangkan juga target pasar. Jika target pasar adalah wanita usia remaja, carilah nama-nama yang ceria dan girly. Supaya nama mudah diingat, carilah kosa kata yang sedang hits, hindari penggunaan istilah asing yang susah dipahami. Supaya makin banyak inspirasi nama yang didapatkan, Anda bisa mencari gambarannya di internet.
 
Deskripsi Toko yang Jelas 
Cara membuat profil toko online lainnya adalah dengan menciptakan deskripsi toko yang jelas. Apalagi jika toko online yang dibuat masih sangat baru, perlu memberikan informasi dengan lebih rinci. Hal tersebut bisa menjadi branding jika toko Anda terpercaya dan profesional.
 
Deskripsi yang bisa disematkan adalah sejarah berdirinya toko, berbagai jenis produk, lokasi pengiriman, jam operasional, dan berbagai keunggulan lainnya. Ingat untuk selalu menggunakan kata-kata yang baik dan mudah dipahami.
 
Tidak wajib baku, namun jangan sampai menggunakan kata-kata yang tidak pantas, kasar, terlarang, mengandung unsur SARA, dan juga menyebabkan isu sensitif. Setelah membuat deskripsi toko, baca ulang supaya tidak ada kesalahan eja atau misinformasi.
 
Pasang Banner dengan Info Promosi 
Jika membuat profil di e-commerce, akan diberikan space untuk banner toko. Nah, jika Anda membuat toko di Shopee, Anda bisa mengunggah 5 video atau foto. Buatlah semenarik mungkin dengan kata-kata yang persuasif. Informasikan tentang promosi atau pengumuman lainnya tentang toko Anda.
 
Lagi-lagi supaya banner bisa terlihat profesional, Anda perlu mengeluarkan sedikit modal menyewa orang yang lebih ahli membuatnya. Jangan sampai memasang banner asal-asalan dan membuat profil toko jadi tidak menarik.
 

Membuat toko pribadi memang mudah, namun jika mendaftarkan toko di Shopee, akan lebih gampang lagi. Bisa dapatkan promosi dengan lebih bagus dan branding yang makin baik. Baik itu untuk usaha atau memenuhi kebutuhan belanja, Shopee jadi tempat yang tepat. Yuk download aplikasi Shopee sekarang juga! (RO/OL-10)
 



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Denny parsaulian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat