visitaaponce.com

DPR Minta Pertamina Sosialisasikan Aturan Pendaftaran Penerima BBM Subsidi Secara Masif

DPR Minta Pertamina Sosialisasikan Aturan Pendaftaran Penerima BBM Subsidi  Secara Masif
Petugas melayani pendaftaran warga untuk membeli solar dan pertalite di SPBU Giwangan, Yogyakarta, Jumat (1/7).(ANTARA/Hendra Nurdiyansyah)

WAKIL Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung meminta Pertamina untuk melakukan sosialisasi yang masif terkait pendaftaran penerima BBM Subsidi di laman atau aplikasi MyPertamina. Hal itu perlu dilakukan agar konsumen dapat beradaptasi dalam aturan yang sudah berlaku sejak 1 Juni 2022 lalu.

"Saya minta agar ada sosialisasi yang masif dan penerapannya secara bertahap sehingga memberikan kesempatan bagi para konsumen untuk beradaptasi dan melakukan persiapan," ungkapnya kepada Media Indonesia, Minggu (3/7).

Lebih lanjut, Martin menambahkan bahwa hal lainnya yang perlu dilakukan oleh Pertamina ialah mempersiapkan mekanisme pada masa transisi ini. Dalam artian, harus dipersiapkan skema dari tahap awal sampai dengan penerapan yang dilakukan secara menyeluruh.

Baca juga: Legislator: Penggunaan Aplikasi Pertamina untuk BBM Subsidi Sudah Adil 

Dia pun merasa aturan baru dari Pertamina ini sangat bagus, di mana hal ini dapat mengontrol konsumsi BBM Subsidi di masyarakat dan tepat sasaran.

"Menurut saya sebenarnya itu bagus untuk membantu Pertamina dan Bio Solar melakukan kontrol atas konsumsi Pertalite dan Solar karena BBM jenis tersebut disubsidi pemerintah," kata Martin.

Ke depan, Martin berharap aturan ini juga dapat diterapkan untuk penggunaan seluruh jenis BBM agar pendataan konsumsi BBM, baik subsidi dan nonsubsidi bisa didapatkan.

"Data ini nantinya akan sangat diperlukan untuk desain kebijakan yang lebih consumer oriented," pungkasnya. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat