visitaaponce.com

Pakar Pembelian Pertalite dengan Print Out QR Code Mudah dan Aman

Pakar: Pembelian Pertalite dengan Print Out QR Code Mudah dan Aman
Petugas membagikan selebaran tata cara pendaftaran pembelian BBM Subsidi di sebuah SPBU di Manado, Sulut, Jumat (1/7/2022).(ANTARA FOTO/Adwit B Pramono)

DIREKTUR Eksekutif Indonesia Information and Communication Technology (ICT) Institute, Heru Sutadi mendukung cara pembelian Pertalite melalui print out QR Code.

Cetakan QR Code tersebut, kemudian bisa dilaminating dan ditempelkan pada kaca mobil atau badan sepeda motor. Menurut Heru, cara tersebut jauh lebih mudah dan aman daripada menggunakan telepon seluler. 

“Seperti kita beli minuman atau makanan di mini market. Tinggal di-scan saja. Dan itu harusnya lebih aman daripada pakai ponsel," ujar Heru kepada media, Kamis (7/7). 

Dalam kaitan itu pula, sebaiknya masyarakat melakukan pendaftaran secara online, karena bisa dilakukan dimana saja, termasuk di rumah.

“Memang seharusnya begitu. Aplikasi MyPertamina, dirancang agar mudah digunakan (user friendly) oleh berbagai kalangan,” lanjut Heru yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Komisioner pada Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia.

Baca juga: Pertamina: Pendaftar BBM Subsidi Sudah Mencapai 50 Ribu Kendaraan

Selain kemudahan, memberi keamanan kepada konsumen saat mendaftar MyPertamina untuk pembelian Pertalite dan Solar, menurut Heru adalah penting.

"Karena sejumlah data  perlu disampaikan untuk melihat apakah kendaraan tersebut sesuai untuk mengkonsumsi BBM bersubsidi," kata Heru. 

Data yang dimaksud adalah data personal seperti KTP dan data kendaraan seperti jenis kendaraan, tahun pembuatan, plat nomor, kapasitas silinder (CC). 

Pertamina sendiri memang fokus pada keamanan dan kemudahan masyarakat.

Itu sebabnya, dalam menjalankan aplikasi MyPertamina, Pertamina menggandeng Telkom, BUMN yang memang ahli di bidang digitalisasi. Selain MyPertamina, aplikasi lain yang juga diluncurkan Telkom, antara lain PeduliLindungi, yang juga terbukti aman dan mudah. 

Selain itu, Pertamina juga menegaskan, bahwa dalam rangka memastikan BBM Subsidi Solar dan Pertalite dikonsumsi oleh  segmen masyarakat yang berhak dan kendaraan yang tepat, ke depan pembelian BBM Subsidi tersebut dilakukan melalui scan QR Code oleh petugas di SPBU.

 Untuk mendapatkan QR Code masyarakat dapat mendaftar melalui tiga pilihan cara. Pertama, melalui website: subsiditepat.mypertamina.id. Kedua, aplikasi MyPertamina. Dan ketiga, pendaftaran langsung di SPBU.  (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat