visitaaponce.com

ESDM Dorong PLN lebih Gesit dan Efisien

ESDM Dorong PLN lebih Gesit dan Efisien
Ilustrasi PLN(Dok MI)

SEKJEN Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengungkapkan dengan pembentukan holding dan subholding, PT PLN diminta semakin gesit menangkap peluang usaha dengan inovasi layanan kelistrikan.

Dengan perubahan ini, PLN sebagai holding utama akan membawahi empat subholding. Pertama, subholding di bidang energi primer, PLN Energi Primer Indonesia.

Kedua, subholding di bidang pembangkitan, yakni PLN Indonesia Power dan PLN Nusantara Power. Keempat, subholding yang bergerak di pengembangan usaha dan inovasi di luar kelistrikan untuk kebutuhan masa depan.

"Kementerian ESDM mengapresiasi langkah restrukturisasi PLN ini agar lebih lincah dan gesit dalam menjawab kebutuhan tantangan energi indonesia. Serta, lebih efisien kedepannnya," ujar Rida dalam Peluncuran Holding dan Subholding PT PLN di Jakarta, Rabu (21/9).

Selain itu pihaknya juga melihat ada ruang PLN meningkatkan teknologi digital dalam rantai bisnis di luar kelistrikan untuk kebutuhan masa depan, seperti PLN ICON+ yang bergerak dalam bidang telekomunikasi.

"Dengan adanya inovasi diharapkan penjualan makin naik. Lalu, biaya pokok penyediaan akan turun, ujungnya beban fiskal APBN akan turun," harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, utang yang dimiliki PLN berkurang hampir Rp100 triliun. Perusahaan setrum negara itu diminta efisien, baik dalam pengelolaan keuangan dan potensi investasi di masa depan.

"Kita terus melakukan percepatan pelunasan utang, yang awal Rp 500 trilun, kini sudah turun menjadi Rp407 triliun," ujar Erick. (OL-8) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat