visitaaponce.com

Pegadaian Dorong Peningkatan Kapasitas UMKM Lewat KUR

Pegadaian Dorong Peningkatan Kapasitas UMKM Lewat KUR
Ilustrasi.(MI/Gana Buana)

PT Pegadaian (Persero) area Bekasi menggelar #BekasiKeren UMKM Week 2022 di Bekasi Creative Center, Jalan Sersan Aswan, no. 1, Margahayu, Bekasi Timur mulai Sabtu (5/11) hingga Minggu (6/11) besok. Selain menggelar jajanan tradisional hingga kekinian milik UMKM Kota, Pegadaian juga menawarkan bazar emas dengan harga menarik.

Deputi Bisnis Area Pegadaian Wilayah Bekasi Tinggi Pardemuan menyampaikan, UMKM Week 2022 tak hanya menjadi wadah promosi komoditas pelaku UMKM Kota Bekasi. Para pelaku UMKM juga berkesampatan mendapatkan pembiayaan untuk meningkatkan kapasitas usaha mereka.

“Dalam UMKM Week kali ini ada program business match yang harapannya dapat mempertemukan UMKM dan Pegadaian. Pegadaian punya program KUR (Kredit Usaha Rakyat) syariah untuk para pelaku usaha mikro,” ungkap Tinggi saat di temui, di Bekasi Creative Center, Kota Bekasi, Sabtu (5/11).

Menurut dia, Pegadaian menyediakan plafon pinjaman mulai dari Rp1 juta hingga Rp10 juta. Keunggulan dari program KUR Syariah Pegadaian adalah bunganya hanya sebesar 6% pertahun. Sehingga, apabila ada nasabah yang meminjam Rp10 juta hanya cukup membayar bunga sekitar Rp50.000 perbulan.

“Tentu amat menguntungkan bagi pelaku UMKM apabila membutuhkan suntikan modal. Kami pun akan selektif sehingga tidak sampai membebani para nasabah,” jelas dia.

Selain itu, Pegadaian juga menawarkan program tabungan EmasKu. Nasabah pun bisa menjadikan tabungan Emas milik mereka sebagai bagian dari modal usaha mereka.

“Jadi kalau tabungannya sudah banyak bisa digadaikan kembali sebagai modal usaha. Ada pilihan tabungan yang ditawarkan tergantung dari kemampuan daya beli nasabah,” kata dia.

Dalam kegiatan #BekasiKeren UMKM Week 2022 Pegadaian bekerjasama dengan Pemerintah Kora Bekasi dan juga Gojek Indonesia. Sedikitnya ada 85 booth aneka kuliner tradisional hingha kekinian memadati area Bekasi Creative Center.

Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kota Bekasi Yayan Yuliana menyampaikan, pihaknya mengapresiasi adanya gelaran #BekasiKeren UMKM Week 2022. Kegiatan ini tentunya juga mengangkat UMKM yang ada di Kota Bekasi.

“Bagaimanapun, UMKM Kota Bekasi telah dibantu, didorong, dengan mendapat pembiayaan. Event ini juga bukan sekedar event promosi saja,” kata dia.

Yayan berharap, Pegadaian juga turut memberikan pembiayaan pada pelaku UMKM Kota Bekasi lainnya. Sebab masih banyak pelaku UMKM yang ada di wilayah Kecamatan lainnya. (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat