visitaaponce.com

BI Naikkan Suku Bunga Jadi 5,5, Tertinggi dalam 6 Tahun

BI Naikkan Suku Bunga Jadi 5,5%, Tertinggi dalam 6 Tahun
Gubernur BI Perry Warjiyo saat menyampaikan arah kebijakan.(Antara)

HASIL Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia yang dilaksanakan pada 21-22 Desember 2022, memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan (BI7DRR) sebesar 25 bps menjadi 5,5%.

Kemudian, suku bunga Deposit Facility naik sebesar 25 bps menjadi 4,75%, serta suku bunga Lending Facility naik sebesar 25 bps menjadi 6,25%.

Dengan penetapan ini, suku bunga acuan BI7DRR tertinggi dalam 6 tahun terakhir, atau sejak Oktober 2016. Saat itu, suku bunga acuan oleh BI ditetapkan sebesar 4,75%.

Baca juga: Penyesuaian Kebijakan Bunga Acuan Perlu Dilakukan BI

"Keputusan kenaikan yang lebih terukur sebagai langkah lanjutan untuk secara front loaded, pre-emptive dan forward looking. Memastikan terus berlanjutnya penurunan ekspektasi inflasi dan inflasi. Sehingga, inflasi inti tetap terjaga di kisaran 2%-4%," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo, Kamis (22/12).

Adapun kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah juga terus diperkuat. Dalam hal ini, untuk mengendalikan inflasi barang impor. Serta, upaya mitigasi dampak rambatan penguatan dolar Amerika Serikat.

Baca juga: OJK Ingatkan Perbankan untuk Perkuat Dana Cadangan

Masih tingginya ketidakpastian pasar keuangan global turut memengaruhi arah kebijakan Bank Sentral. Kembali ditegaskan Perry, kebijakan moneter pada 2023 tetap difokuskan untuk menjaga stabilitas ekonomi.

Sebelumnya, Perry sudah menekankan arah bauran kebijakan dalam pertemuan tahunan Bank Indonesia pada 30 November 2022. Lalu, kebijakan makroprudensial, digitalisasi sistem pembayaran, pendalaman pasar uang, serta program ekonomi dan keuangan inklusif, terus diarahkan untuk mendorong pertumbuhan.

"Sehubungan dengan itu, Bank Indonesia terus memperkuat respons bauran kebijakan. Untuk menjaga stabilitas dan momentum pemulihan ekonomi," jelas Perry.(OL-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat